Banyak Jalur Ditutup, Pejabat Pendidikan Nyasar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Banyak Jalur Ditutup, Pejabat Pendidikan Nyasar

Banyak Jalur Ditutup, Pejabat Pendidikan Nyasar

Written By Mang Raka on Rabu, 13 Juli 2016 | 13.30.00

LEMAHABANG, RAKA - Tahun ajaran 2016/2017 segera dimulai. Karawang mendapat jatah tambahan sebanyak 198 SD yang menerapkan Kurikulum 2013 (Kurtilas) tahun ini. Di tengah keterbatasan anggaran, ratusan guru kelas I dan IV berikut operator dan kepala sekolahnya mendapatkan pelatihan serentak di berbagai wilayah Karawang selama 7 hari dari tanggal 12-17 Juli mendatang. Namun, pada hari pertama, pelatihan yang dipandu Instruktur Kabupaten (IKA) itu sempat mengalami kendala teknis di wilayah TKA 13 Lemahabang. Sebab tim dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) yang ditunggu sejak pagi malah datang siang bolong karena tersesat menuju SDN Pulojaya 1.
Tuan rumah pelaksanaan pelatihan Kurtilas TKA 13, Hj Yetty Maryati S.pd mengatakan pihaknya ditunjuk dadakan sebagai tuan rumah pelatihan kurtilas bagi SD Kecamatan Lemahabang, Tempuran dan Cilamaya Kulon. Meskipun anggaran dibiayai langsung LPMP selama 7 hari kedepan, tapi ketiadaan dana talangan untuk konsumsi dan coffe break peserta membuatnya kalang kabut. Pada saat pelaksanaan juga sebutnya, tim LPMP kabarnya tersesat setelah keluar Tol Karawang Timur.
kemungkinan tambahnya, selain baru tahu jalan Karawang, banyak jalanan ditutup gara-gara masih dalam suasana arus balik. Tim LPMP ini malah menuju Tanjungpura. Akibatnya, setelah bolak-balik baru bisa tiba menjelang Zuhur. Padahal sesuai acara, tim bisa memberikan sambutan saat pembukaan pelatihan Kurtilas dan langsung free tes. Namun, karena terlambat, diisi terlebih dahulu oleh pengawas yang bertindak sebagai tim Instruktur Kabupaten (IKA). "Kita mah hanya menjadi tuan rumah saja, walaupun SD kami sudah Kurtilas lebih dulu," tandas dia.
Kesibukan juga nampak dari raut wajah Kepala UPTD PAUD/SD Kecamatan Cilamaya Kulon, H Udin Mahpudin. Berkali-kali dirinya ditelepon tim LPMP yang minta dibimbing menuju lokasi pelatihan. Bahkan tim LPMP juga kerap kebingungan karena banyak petunjuk khusus mudik yang mengarah ke Cirebon dan Jawa Tengah. "Ibu/bapak jangan kaget kalau melihat petunjuk jalan masih ada tulisan Cirebon-Jawa Tengah, itu mah bekas arus mudik kemarin, yang penting ibu lurus saja, dari pasar Wadas gak lama nyampe," tandas Udin menjelaskan lewat telepon.
Sementara itu, Instruktur Kabupaten (IKA) Wilayah 13 H Karna S.pd mengatakan undangan pelatihan Kurtilas ini berdasarkan surat LPMP Jawa Barat nomor 4641/J31.4/LL/2016 tanggal 28 Juni, perihal permohonan fasilitator guru sasaran (GS) dan tugas tempat pelatihan kurikulum (PTK) 2013 jenjang SD. Sebenarnya, pelatihan ini awalnya dipusatkan di SD Ciwaringin. Namun karena akses dari Tempuran dan Cilamaya Kulon mungkin agak jauh, dialihkan ke SD Pulojaya 1 ini. Sebenarnya, yang harus membuka acara ialah LPMP yang kemudian dilanjutkan free tes kepada Guru Sasaran (GS) kelas 1 dan 4 berikut operator dan kepala sekolahnya. Namun karena kendala teknis, tim yang membiayai pelatihan selama seminggu ini baru bisa hadir siang hari. Meskipun demikian, dari pembukaan sampai pelatihan tetap berjalan normal karena diisi para instruktur yang sudah ditatar soal Kurtilas. "Semuanya serentak pelatihan seminggu ini bagi 198 SD, yang masing-masing dibagi wilayahnya, materinya pun sudah tersusun berikut pedomannya," ucap dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template