2.394 Orang Asing Kerja di Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 2.394 Orang Asing Kerja di Karawang

2.394 Orang Asing Kerja di Karawang

Written By Mang Raka on Selasa, 19 Juli 2016 | 17.42.00

KARAWANG, RAKA - Selain diserbu oleh pendatang dari dalam negeri, Kabupaten Karawang juga menjadi daerah yang dituju orang asing untuk mencari penghidupan.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang Suroto mengatakan, jumlah tenaga kerja asing di Karawang mencapai 2.394 orang. Mereka berasal dari berbagai negara yang bekerja di sejumlah perusahaan. Meski begitu, selama ini pihaknya kesulitan mengawasi keberadaan mereka, karena jumlah tenaga pengawas pekerja asing hanya 9 orang. "Jadi kalau terjadi peningkatan tenaga kerja asing, tentu akan semakin sulit dalam melakukan pengawasan," katanya.
Tingginya jumlah tenaga kerja asing, ternyata tidak otomatis mereka menetap di Karawang. Karena keberadaan mereka hanya sebatas kerja. "Untuk yang tinggal di Karawang sampai sekarang hanya ada 332 saja," kata Bagian Informasi Kantor Imigrasi Karawang Deni Harianto.
Ia melanjutkan, tenaga kerja asing tidak harus menetap di Karawang, karena izin yang diurus perusahaan biasanya izin wilayah kerja. "Untuk tempat tinggal itu tidak ada kewajiban di Karawang, meski memang bekerja di Karawang," terangnya.
Kata Deni, yang menjadi fokus Imigrasi bukan tenaga kerja asing tingal di Karawang atau bukan, tapi lebih pada pengawasan ketat terhadap izin wisata tapi untuk bekerja. "Kita lebih konsen pada penggunaan visa wisata, tapi disalahgunakan misalnya untuk bekerja," ujarnya.(dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template