Waspadai Kejahatan Selama Ramadan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Waspadai Kejahatan Selama Ramadan

Waspadai Kejahatan Selama Ramadan

Written By Mang Raka on Sabtu, 11 Juni 2016 | 14.00.00

KLARI, RAKA - Malam hari berbeda dengan siang. Demikian pun aktivitas dan akibatnya juga beda. Tak terlepas dari itu, soal kejahatan, itu sisi lain kehidupan. Tidak di bulan ramadan, namanya kejahatan tetap saja berlangsung bahkan cenderung mengalami peningkatan, karena terpicu tingginya tuntutan kebutuhan.  

Hal itulah yang diungkapkan Aip Sarifudin (23) warga Klari, ketika diminta komentarnya terkait aksi kejahatan yang timbul selama ramadan ini. Menurut dia, petugas harus lebih gencar melakukan antisipasinya. Apalagi sudah menjadi trendy kecenderungan kejahatan selalu meningkat disaat puasa dan menjelang lebaran. "Petugas, bukan hanya aparat kepolisian tetapi juga aparatur-aparatur di desa perlu meningkatkan pengamanan. Sebab, biasanya aktivitas kejahatan meningkat disaat ramadan, terutama aksi-aksi pencurian," tandasnya.
Kejahatan lain yang perlu diantisipasi adalah tawuran. Beda kalau yang melakukannya anak sekolah, tetapi jenis tawuran ramadan ini bentuknya lebih kepada tawuran antar warga dan pemuda. Ini harus diantisipasi dengan mengoptimalkan aparatur keamanan di masing-masing desa. "Pertikaian anak muda di malam hari pada saat bulan ramadan sering terjadi. Bulan ramadhan yang seharusnya dapat meminimalisir aksi tawuran, nampaknya, tidak berarti bagi warga dan anak muda yang keburu dilanda emosi," tandasnya.
Misalnya, pemicu tawuran yang biasa terjadi ketika sedang melakukan arak bedug untuk membangunkan masyarakat yang berada disekitarnya. Hal itu pun dijadikan sebagai ajang tawuran para pengarak bedug ketika saling berpapasan. “Peristiwa teranyarnya waktu malam senin belum lama ini. Gara-gara hal sepele, mengarak bedug, ternyata berakhir dengan tawuran. Itu saya saksikan sendiri pas megantar orang tua belanja ke Pasar Cikampek untuk membeli persediaan sahur,“ katanya.
Seharusnya, lanjut dia, masyarakat terutama anak muda yang berada diwilayah Kabupaten Karawang, lebih banyak beraktifitas dengan hal-hal yang mengandung pahala dan barokah. Hal itu dengan banyak beraktifitas di mesjid dan melakukan tadarus setiap malamnya. “Harusnya, di bulan puasa mereka bisa banyakin pahala bukan dosa,” paparnya.
Tidak hanya itU, dia menambahkan, Selama bulan ramadan, nampaknya tidak menjadikan wilayah ini aman dari kejahatan serta kerusuhan. Akan tetapi, yang namanya kejahatan dan potensi pertikaian tidak memandang bulan apapun itu. Hal itu, menunjukan terkikisnya, sikap saling menghargai dan menyanyangi sesama umat beragama. “Tawuran serta kejahatan tidak memandang ini bulan suci atau tidak. Kalau nafsu yang sudah bicara mau dimana  tempatnya tawuran akan terjadi," ucapnya. (ian)


Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template