Waspada Serangan Diare Pada Balita - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Waspada Serangan Diare Pada Balita

Waspada Serangan Diare Pada Balita

Written By Mang Raka on Senin, 27 Juni 2016 | 13.00.00

KUTAWALUYA,RAKA- Pos pelayanan terpadu, Markisa 5 mewanti-wanti para orang tua agar mewaspadai wabah diare yang rentan menyerang anak-anak balita. Posyandu yang beralamat di Dusun Krajan II A, Desa Sampalan itu, mengaku sudah melakukan pelayanan kesehatan meliputi 3 RT di wilayah tersebut. Apalagi diare juga berpotensi membahayakan kesehatan anak jika terlambat ditangani.
Siti Aisyah, selaku Ketua Posyandu Markisa 5 menyatakan, bahwa ia bersama petugas kesehatan khususnya Bidan Desa memang rutin melakukan pelayanan kesehatan keliling setiap bulan di 3 RT binaanya, yakni RT 19, 20 dan 21. "Kami memang selalu melakukan penimbangan, imunisasi, penyuluhan gizi, dan pemeriksaan ibu hamil serta pemberian makanan tambahan. Agar perkembangan dan dinamika kesehatan masyarakat bisa terus kita kontrol," tandasnya.
Ia lantas mengingatkan orang tua bahwa untuk bayi yang di atas 6 bulan memerlukan asupan gizi guna menghindari diare dan kekurangan berat badan. "Kami menghimbau kepada warga yang memiliki balita untuk mewaspadai diare, demam dan batuk. Untuk antisipasi bayi disarankan untuk banyak minum dan berangkat ke puskesmas untuk mendapatkan perawatan," imbaunya.
Himbauan ini dimaksudkan untuk mengingatkan penyakit yang bisa menjadi masalah kesehatan masyarakat, khususnya yang memilik bayi di bawah 5 tahun atau balita. Mengingat, pada usia itu, rentan sekali terserang berbagai macam penyakit seperti demam tinggi, flu dan diare. Pencegahan dan langkah-langkah antisipatif mutlak diperlukan untuk mengatasi beragam persoalan kesehatan yang mendera. Pengawasan itu, utamanya ditujukan kepada para orang tua yang memiliki balita. "Diadakan setiap minggu kedua, kegiatan satu hari. Untuk hari ini total ada 29 balita yang kita periksa kesehatannya," tandas wanita itu lagi.
Diare dapat menyerang kapan saja dan siapa saja, karena itu diare gejala dan penanganannya harus diketahui agar dapat dikenali dengan cepat sebelum terlambat. Diare adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak yang tentu saja daya tahan tubuhnya masih lebih lemah hingga ke orang dewasa. Banyak faktor dan hal-hal yang bisa menyebabkan atau memicu penyakit ini. Penyebab diare bisa terjadi karena keracunan makanan, makan sembarangan, dalam hal ini makanan yang kotor dan tidak benar cara pengolahannya.(fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template