Warga Gali Tanah Irigasi untuk Arug Pekarangan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Gali Tanah Irigasi untuk Arug Pekarangan

Warga Gali Tanah Irigasi untuk Arug Pekarangan

Written By Mang Raka on Jumat, 03 Juni 2016 | 13.00.00

KUTAWALUYA, RAKA - Banyak warga masih memanfaatkan tanah irigasi untuk menimbun halaman rumah yang tergenang air.
Warga Kampung Poris Desa RT 09 RW 04 Kutamukti Kecamatan Kutawaluya Soleh (50) mengatakan bahwa sudah 5 hari terkahir ini ia mengambil tanah irigasi dan menumpuknya di pinggiran jalan agar tidak sulit untuk dipindahkan. Irigasi yang sedang surut membuat upaya masyarakat menggali lebih mudah. Rencananya mereka akan menggunakannya untuk mengarug rumah yang sering digenangi air. "Mumpung surut, pas waktu luang saya bisa manfaatkan mengambil tanah irigasi," katanya kepada Radar Karawang, Kamis (2/6).
Ia yang sehari-hari berprofesi sebagai pengayuh becak terpaksa meluangkan waktu 1-2 jam untuk menggali tanah irigasi. Sebab rumahnya kerap kebanjiran saat hujan turun. Satu-satunya cara agar genangan tidak parah ialah dengan mengarug pekarangan rumahnya dengan tanah. "Kalo udah hujan, rumah banjir. Makanya saya manfaatin tanah irigasi, soalnya kalau dari tanah yang lain butuh uang," tuturnya.
Bermodalkan cangkul, kumpulan tanah ini kian menumpuk dan siap diangkut ke halaman rumah. Ia kerjakan semuanya seorang diri sebab anaknya tidak bisa meninggalkan kesibukan bekerja sebagai pegawai pabrik di wilayah Cikarang. Selain hujan, yang kerap memicu masalah ialah saluran air yang mampet. "Karna saluran air macet jadi air mudah meluap, ditambah rumah saya tanahnya datar," tandasnya. (cr3)  
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template