Wajib Bicara Bahasa Arab dan Inggris - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Wajib Bicara Bahasa Arab dan Inggris

Wajib Bicara Bahasa Arab dan Inggris

Written By Mang Raka on Selasa, 14 Juni 2016 | 16.00.00

- Santri Ponpes Nurul Ilmi Sehari Harus Hafal 4 Kosa Kata Baru


KARAWANG, RAKA – Mampu mengusai Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam kesehariannya, itulah yang terlihat pada ratusan santri pondok pesantren (Ponpes) Modern Nurul Ilmi yang beralamat Desa Amansari, Kecamatan Rengasdengklok. Tak jarang bahasa yang mereka gunakan untuk berkomunikasi dalam setiap harinya itu harus menggunakan dua bahasa tersebut.
Ketua Pondok Pesantren Modern Nurul Ilmi, Donny Tritamayudha S.Pd, mengatakan bahwa selain pengajian yang diterapkan dalam setiap pondok pesantren yang ada justru pondok yang sudah berdiri selama dua tahun itu, menerapkan bahasa dari luar negeri. Sebab, kata dia, dengan melihat kemajuan teknologi dan kemajuan zaman, mereka dipaksa untuk bisa mengusai dua bahasa tersebut. Pertama bagi dia, ketika ingin mengerti tentang agama atau Al Quran mereka harus berbahasa Arab. Sedangkan untuk mengikuti kemajuan, mereka harus menguasai Bahasa Inggris. “Pengajian sistem modern dan Salafiah bahasa sehari-hari Bahasa Arab dan Bahasa Inggris yang digunakan di pondok pesantren ini dan alhamdulilah mereka cepat dalam menerapkan 2 bahasa itu,” katanya.
Dia menjelaskan, dari seluruh santri yang ada di pondok pesantren tersebut, setiap harinya harus mampu mengusai 4 kosa kata dari dua bahasa. Karena dengan pembelajaran seperti itu, kata dia, mereka akan mulai terbiasa. “Alhamdulilah setiap hari, seperti kata piring, mereka harus mengertikan dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dan itu setiap malam dan besoknya akan dievaluasi sejauh mana mereka bisa menguasai kata tersebut,” tuturnya.
Dalam bulan suci Ramadan, kegiatan santri lebih difokuskan terhadap pengajian dan tadarusan yang diterapkan oleh pondok. Karena sangat disayangkan bagi dia jika di bulan yang penuh berkah ini banyak kegiatan yang dilewatkan oleh santri dalam berlomba mencari ridho serta pahala di bulan kebaikan. “Mulai dari jam 4 pagi salat tahajud, lanjut tahsin quran, pengajian mufrodat, salat subuh bersama lanjut lagi pengajian dalam setiap usai salat,” ungkapnya.
Sementara ketua organisasi pondok pesantren, Herlin Marcelia mengaku banyak kegiatan rutin yang dilakukan oleh santri di bulan Ramadan, khususnya tadarusan dan pengajian dalam setiap malamnya. Dia berpesan, bahwa jangan sampai menyia-nyiakan bulan yang penuh berkah ini dengan kegiatan yang tidak bermanfaat, baik untuk di dunia maupun akhirat. “Manfaatkanlah bulan yang penuh berkah dan bahagia ini dengan mendekatkan diri kepada Allah,” pungkasnya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template