Tingkatkan Moral Pelajar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tingkatkan Moral Pelajar

Tingkatkan Moral Pelajar

Written By Mang Raka on Sabtu, 18 Juni 2016 | 14.00.00

MESTINYA ada pembelajaran penanaman akhlak bagi pelajar saat ini. Terlebih aksi nakal pelajar yang diungkapkan dalam bentuk tawuran hingga sekarang masih marak terjadi. Paling tidak dengan memperkuat moral pelajar sifat-sifat negatif pelajar bisa diminimalkan secara optimal.

Hal itu diungkapkan Idin, aktifis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Karawang ketika menanggapi persoalan-persoalan yang komplek terjadi dikalangan para pelajar saat ini. Pasalnya Orientasi pelajar untuk belajar tidak hanya diberikan mata pelajaran yang lebih dominan terhadap IQ saja melainkan perlu ada penanaman akhlak yang mencerminkan seorang pelajar.
Hal tersebut pun diketahui sering kedapatan para pelajar yang sering melakukan tindakan diluar batas dari lingkungan belajarnya. Yakni dengan mabuk-mabukan, aksi tawuran, berkendara ugal-ugalan dan sangat parahnya juga suka sering terdapat pelajar yang hamil di luar nikah. "Perlu adanya pembinaan ahklak untuk semua sekolah yang berada diwilayah kabupatem karawang. Hal ini salah satu upaya pemerintah daerah dalam mengurangi tingkat kenakalan diluar batas yang sukar dilakukan para pelajar," terangnya.
Namun saat ini lanjut dia, dalam memberikan efek jera yang dilakukan pihak sekolah hanya melakukan pemberhentian siswa diluar batas dalam melakukan tindakannya. Seharusnya dalam persoalan ini pihak sekolah bisa menyisipkan setiap minggunya dengan memberikan binaan kepada siswa yang terdiagnosa batas kenakalannya melebihi batas kewajaran dengan melakukan pendekatan secara emosional, agar hal ini dapat memberikan kemudahan dalam menumbuhkan para pelajar ke arah yang lebih baik. "Saat ini sikap yang selalu diberikan pihak sekolah kepada siswa di luar rasional sebagai mana mestinya sebagai pelajar dengan mengeluarkan siswa itu. Harusnya lakukan dengan cara pendekatan atau pembinaan kepada siswa yang nakal dengan melakukan pembentukan karakter ke arah yang lebih baik dari segi akhlaknya," katanya.
Namun selama ini, sambung dia, para pelajar yang sering melakukan tindakan diluar batas sebenarnya membutuhkan pengakuan dari lingkungannya. Hal ini yang memicu mereka terus menerus melakukan tindakan-tindakan tersebut. "Mungkin saja pelajar melakukan tindakan diluar batasnya. Mereka melakukan itu semata-mata ingin diakui oleh lingkungannya," katanya.
Tingkat kenakalan pelajar pun variatif dilakukan sebenarnya bisa teratasi asalkan hal demikian dapat dilakukan seluruh pihak sekolah, yakni dengan mewadahi, memfasilitasi dan membimbing para pelajar kearah yang lebih objektif. Sehingga dapat menekan tingkat kenakalan pelajar sekolah yang berada diwilayah ini. "Dengan melakukan pembinaan dan memfasilitasi setiap potensi yang dimiliki para pelajar cara ini mungkin dapat mengurangi tingkat kenakalan pelajar yang saat ini sudah hampir memperparah keadaan," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template