Sukajaya Dapat Mobil Bantuan, Pasirjaya Malah Gigit Jari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sukajaya Dapat Mobil Bantuan, Pasirjaya Malah Gigit Jari

Sukajaya Dapat Mobil Bantuan, Pasirjaya Malah Gigit Jari

Written By Mang Raka on Selasa, 07 Juni 2016 | 11.30.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Paska apel Pemkab Karawang Senin (6/6) kemarin, Camat Cilamaya Kulon, Dida Rayendra Safirman secara simbolis menerima bantuan mobil operasional angkutan perikanan untuk salah satu kelompok di Pasirputih Desa Sukajaya. Kondisi itu, membuat ngiri pegawai desa di Pasirjaya, lantaran mereka berharap petambak garam di desanya juga bisa dapat bantuan serupa.
"Kami terima bantuan mobil operasional untuk Pasirputih pagi tadi," ungkap Camat Cilamaya Kulon Dida Rayendra Safirman.
Sementara itu, Kaur Trantib Desa Pasirjaya Zaelani Nawawi mengakui harusnya Pasirjaya juga dapat bantuan mobil operasional. Karena, di Tanjungbaru, ada sekitar 30 hektare tambak yang memproduksi garam.
Meskipun panen melimpah dan harga kompetitif serta menghasilkan keuntungan, tapi kondisi sebaliknya bisa terjadi lantaran ongkos transportasi yang jauh. Belum lagi persoalan kondisi jalan rusak, petambak garam harus mengangkut kwintalan garam dari Tanjungbaru sendiri dengan mengendarai sepeda motor masing-masing. Tak ayal, keadaan ini bisa memicu harga garam anjlok di pasaran serta merugikan petani. "Kita juga punya hektaran tambak garam, tapi gak dapat bantuan mobil operasional tuh," jelas dia.
Lebih jauh Zaelani menambahkan, menjadi petambak garam sebenarnya lebih untung dibanding petani padi. Namun, usaha ini diakuinya jarang dilirik pengembangannya, apalagi akses infrastruktur juga masih begitu buruk. Padahal, sama dengan padi, garam juga bisa dipanen dua kali dalam setahun.
Sejauh ini tambahnya, rata-rata petambak, banyak yang menjual sendiri ke masyarakat dan sesekali mensuplai ke sejumlah pasar tradisional. Untuk itu, sarana transportasi untuk pendukung distribusi garam ini sangat dibutuhkan. Tak heran, saat ia mendengar di Sukajaya dapat bantuan operasional mobil untuk bongkar muat ikan dari Dinas Perhubungan, pihaknya menaruh harapan bisa menerima bantuan serupa untuk memperingan petambak garam di Pasirjaya. "Keuntungan garam lebih besar dari padi, tapi kalau anjlok ya sulit ditolong karena memang minim sarana penunjang dan bantuan operasionalnya dari pemerintah," tandas dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template