SMK Tri Mitra Dapat Bantuan Alat Praktikum - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMK Tri Mitra Dapat Bantuan Alat Praktikum

SMK Tri Mitra Dapat Bantuan Alat Praktikum

Written By Mang Raka on Jumat, 03 Juni 2016 | 12.30.00

KOTABARU, RAKA - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tri Mitra kembali mendapat bantuan alat praktikum dari salah satu perusahaan otomotif. Dengan bantuan tersebut diharapkannya peserta didik bisa lebih menguasai lagi keterampilan mereka.
Kepala SMK Tri Mitra Iwan Sumitra menyampaikan ucapan terima kasih kepada perusahaan yang memberikan kepercayaan kepada sekolah pimpinannya. "Mudah-mudahan ini menjadi sarana yang bermanfaat untuk kita semua," ujar Iwan saat serah terima alat bantu praktikum.
Dia menyampaikan, hubungan sekolah dengan dunia industri harus sinergis, karena adanya hubungan timbal balik antara keduanya. Untuk industri membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni. Sedangkan siswa lulusan SMK memerlukan tempat atau perusahaan yang siap mengeksplor kemampuan yang dimiliki mereka. "Jadi hukumnya fardu 'ain, adanya hubungan antara industri dengan sekolah. Terutama SMK," tambahnya.
Dia menyampaikan, harus adanya sinergitas antara lembaga pendidikan terutama SMK dengan industri. Bahkan dia mengaku Hino merupakan salah satu perusahaan industri memperhatikan perkembangan pendidikan SMK yang ada di Karawang.
Oleh karenanya dia meminta agar kedepan, perusahaan tersebut memfasilitasi para siswa SMK di Kabupaten Karawang untuk mengetahui lingkungan industri secara riil. Misalnya dengan mengagendakan kunjungan siswa dan guru SMK ke perusahaan. Hal itu penting dilakukan agar para peserta didik dan guru, tidak hanya menguasai teori saja. Melainkan juga menguasai minimalnya bisa mengenal proses produksi yang dilakukan perusahaan seperti Hino.  "Untuk mengetahui secara rill bagaimana lingkungan industri, maka kami akan menyampaikan surat secara resmi agar siswa kami bisa mengetahui scara riil kondisinya, jadi jangan hanya teoritik atau katanya saja," ujarnya.
Perwakilan Hino Dyah Maryati menyampaikan bantuan alat bantu praktik yang diserahkan ke SMK Tri Mitra berupa Chassis assy 1 unit, beam 1 unit, hamess 1 unit, Stop Lamp 1 unit. Kemudian kembali memberikan bantuan ke 2 di SMK Tri Mitra adalah karena sekolah memiliki kualitas yang baik, muridnya juga berkualitas dan sangat antusias, gurunya solid. "Jadi bantuan kami tentunya bisa dimanfaatkan dengan baik. Tidak hanya menjadi pajangan,"  ujarnya. Dengan semakin menguasainya peserta didik terhadap alat praktik, maka secara otomatis peserta didik siap untuk terjun kedunia industri. Itu juga yang diharapkan perusahaan, terlebih pabrik Hino ada di Karawang sehingga membutuhkan tenaga-tenaga terampil dari Karawang. "Dunia industri tentunya membutuhkan tenaga-tenaga yang terampil dan siap pakai. Untuk permintaan kepala sekolah agar adanya kunjungan ke Hino. Kami menyambut baik, dan silahkan buatkan surat secara resminya agar kami menyampaikan ke manajemen," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template