SMK Tarbiyatul Ulum Ciampel Gelar Sanlat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMK Tarbiyatul Ulum Ciampel Gelar Sanlat

SMK Tarbiyatul Ulum Ciampel Gelar Sanlat

Written By Mang Raka on Sabtu, 18 Juni 2016 | 16.00.00

CIAMPEL, RAKA - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tarbiyatul Ulum Ciampel, mengadakan kegiatan pesantren kilat (Sanlat). Kegiatan tersebut berlangsung dengan materi keagamaan terkonsentrasi pada soal sejarah islam, ilmu fiqih, perilaku, muhasabah dan meningkatkan kualitas diri.

Sementara itu, Wakasek Kurikulum SMK Tarbiyatul Ulum Ciampel, Asep Maska S.PdI, kemarin (17/6) mengatakan, kegiatan sanlat ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulan ramadan. Apalagi kegiatan ini merupakan kesepakatan dari semua pengajar terutama bagi pengisi materi dalam sanlat serta jajaran panitia pelaksana.
"Sekolah yang berbasis agama harus bisa memberikan contoh dan perilaku yang baik pula . Kami ingin semua siswa sadar akan pentingnya pendidikan agama, jadi jangan hanya islam KTP. Mereka juga dituntut mampu menjalankan ajaran agamanya, apalagi kegiatannya hanya ceramah saja," ujar Asep Maska.
Masih dikatakan Asep, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pesantren ramadan tahun 2016 sekitar 40 orang. Mereka para siswa kelas X dan XI. Pesantren ramadan digelar tiga hari mulai Rabu hingga Jumat, hari ini. Selama kegiatan berlangsung, peserta banyak diperkenalkan dengan ilmu agama. Dimulai dari BTQ (Baca Tulis Quran), ilmu Fiqih, Aqidah Ahlak, sejarah dan yang lainnya. "Untuk penceramah atau narasumbernya diambil dari guru agama yang biasa mengajar. Disamping diperbantukan pula para guru yang memiliki latar belakang dan pemahaman agama yang kuat," kata Asep.
Lebih lanjut, sambung dia, mengungkapkan, kegiatan tentang keagamaan tersebut sangat perlu untuk para pelajar. Sebab, dengan melihat pergaulan anak muda zaman sekarang, terlihat masih kurang dalam hal keilmuan tentang keagamaan. Maraknya tawuran dan perilaku yang tidak pantas dilakukan oleh siswa merupakan minimnya pemahaman tentang agama. Maka bagi dia, ketika mereka dibekali dengan keilmuan tidak akan pernah terjadi hal negatif yang dilakukan oleh siswa. "Kita hanya bisa memberikan dan memfasilitasi mereka agar tidak terjerumus ke hal-hal yang buruk, dengan memberikan pemahaman keagamaan adalah kunci untuk menjawab semua permasalahan yang ada," ucapnya.
Tidak hanya itu, dia menambahkan, peran orangtua juga sangat penting dalam kehidupan siswa. Karena kegiatan siswa lebih banyak dilakukan di luar sekolah. "Peran orangtua juga sangat penting juga, karena di sekolah hanya beberapa jam saja dan selebihnya mereka diluar, dan itu jelas tugas orangtua. Makanya harus ada peran orangtua juga disana," tuturnya.
Sementara itu salah satu siswa SMK Tarbiyatul Alum, Amar mengaku sangat bangga terhadap program sekolah yang sudah memberikan banyak pengalaman dan pengetahuan. Menurutnya kegiatan itu pun sangat bagus dengan memberikan manfaat di hari libur sekolah. "Bagus juga kan daripada di rumah tidak ada kegiatan sama sekali mending ikut pesantren Ramadan,” pungkasnya.(ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template