SMK Iptek Cilamaya Kasih Peluang Sekolah Lain Dapatkan Siswa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMK Iptek Cilamaya Kasih Peluang Sekolah Lain Dapatkan Siswa

SMK Iptek Cilamaya Kasih Peluang Sekolah Lain Dapatkan Siswa

Written By Mang Raka on Jumat, 17 Juni 2016 | 13.30.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tingkat SMA Negeri baru mau dimulai 17 Juni ini. Akan tetapi berbeda dengan SMK Swasta favorit dimana justru besok pendaftarannya sudah mau ditutup mengingat penerimaan sudah berlangsung sejak Mei lalu. Tak tanggung-tanggung, kekosongan 15 rombongan belajar (rombel) nyaris diisi penuh salah satu SMK favorit di Cilamaya Wetan jelang PPDB SMA/SMK Negeri Jumat (17/6) ini. Lulusan SMP, Madrasah Tsanawiyah dari Cilamaya hingga Kabupaten Subang berburu SMK yang berlokasi di Dusun Krasak Desa Tegalsari tersebut.
Dikatakan Kepala SMK Iptek Cilamaya Engkos Kosim M.Si pihaknya membuka pendaftaran siswa baru sebanyak 720 siswa untuk mengisi 15 rombel. Namun, banyaknya siswa yang mendaftar, selama 3 tahun terakhir. SMK Iptek menerapkan tahapan sebanyak 3 gelombang sejak bulan Mei-Juni ini. Tidak itu saja, dalam setiap gelombang, panitia uji calon siswa baru dengan tes Psikotes dan Pengetahuan umum.
Ketatnya syarat dan aturan tersebut sebut Engkos, karena SMK dibawah naungan Yayasan Ummul Quro ini sudah tidak lagi mengejar kuantitas, tapi kualitas, meskipun dalam setiap gelombang pendaftaran layaknya universitas, konsekwensi anak-anak yang tidak lulus tes juga terjadi di SMK ini. "Kamu buka pendaftaran sebanyak 720 siswa untuk 15 rombel, alhamdulillah setiap gelombang siswa lulusan SMP dari Cilamaya dan Subang banyak yang pendaftar sejak paska UN," ungkap dia.
Kepala sekolah yang tengah studi mengejar gelar doktor ini menambahkan, 17 Juni PPDB Online tingkat SMA/SMK negeri mulai dibuka. Namun pihaknya sudah siap-siap menutup penyaringan sekitar tanggal 25 Juni. Sebab terhitung Kamis (16/6) ini saja, sudah 520 siswa baru terus mendaftar. Penutupan ini dilakukan, karena bagaimanapun ia enggan disebut sekolahnya serakah menampung banyak siswa. Apalagi masih banyak SMK Swasta lainnya yang juga tengah membutuhkan banyak siswa. Karena jujur, diakui Engkos, dibanding SMA Negeri maupun SMK Negeri 1 Cilamaya, jumlah siswa dan rombelnya justru lebih banyak dimiliki sekolahnya. Jadi wajar jika swasta sepertinya membuka pendaftaran lebih dulu. "Kami akan segera tutup pendaftaran, bukan apa-apa, karena untuk berbagi dan memberi kesempatan ke sekolah swasta lain, untuk sama-sama memberikan layanan yang sama untuk para calon peserta didik," tandas dia.
Lebih jauh Engkos menambahkan, benar apa yang diungkapkan dinas lewat slogan Negeri dan Swasta sama saja, jatuh bangunnya swasta sudah mereka alami sejak lama, tapi saat kulitas sekolah swasta justru semakin handal dan menghasilkan beragam prestasi. Maka SMK Iptek saat ini sudah menjadi pilihan utama, atau sekurang-kurangnya, saat siswa tidak lolos di negeri, maka alternatif pertamanya adalah SMK 4 kompetensi keahlian ini.
Karenanya, untuk mendorong kualitas siswa tetap terjaga, selama pendaftaran syaratnya makin ketat. Bahkan siswa sudah diultimatum sejak mendaftar yaitu harus bebas narkoba, tidak terlibat seks bebas dan lainnya. Karena ini akan mempengaruhi prestasi SMK di masa mendatang. "Alhamdulillah, kalau swasta punya niat maju dan terus meningkatkan kualitas, setiap PPDB pun akan selalu menjadi pilihan utama," pungkas dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template