Siswa SMK Tri Mitra Belajar Kitab Kuning - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa SMK Tri Mitra Belajar Kitab Kuning

Siswa SMK Tri Mitra Belajar Kitab Kuning

Written By Mang Raka on Sabtu, 18 Juni 2016 | 15.30.00

KOTABARU, RAKA- Ada yang berbeda dengan sanlat di SMK Tri Mitra pada tahun ini. Peserta didik menginap di sekolah dengan mempelajari kitab kuning Ta'limul Muta'alim karangan Syeikh Al Jarnuji dan pementasan seni musik islami.
"Tahun ini siswa disuguhkan pengetahuan tentang pentingnya mencari ilmu, adab dalam belajar, memuliakan ilmu dan guru. Dengan pengajian kitab kuning (Ta'limul Muta'lim)," ujar Wakasek Kesiswaan SMK Tri Mitra Kotabaru, Taryadi, kepada RAKA, Kamis (17/6) malam.
Kegiatan dimulai pukul 16.00, Kamis (17/6) sampai dengan 06.00 Jumat (17/6), peserta menginap di sekolah agar mempererat tali silaturahmi satu sama lain. Selain pengajian kitab kuning, acara juga diisi degan penampilan kreasi seni lagu-lagu islami yang diiringi oleh kolaborasi angklung dengan band. "Peserta sanlat juga mengikuti acara lomba ceramah antar kelas. Ini agar membentuk mental peserta didik untuk bisa berbicara didepan umum," jelasnya.
Dia juga menyampaikan, pemaparan kajian kitab kuning yang disampaikan oleh ustad dari luar, membuat peserta didik menemui sesuatu yang baru. Sehingga mengikuti kegiatan secara khidmat. Penting bagi para peserta didik memahami isi dari kitab Ta'lim, agar mereka mendapatkan keberkahan dalam mencari ilmu. "Pengetahuan-pengetahuan ini sangat kurang dipahami oleh siswa yang sedang belajar dalam jalur pendidikan formal. Karena biasanya hanya dipelajari di dunia pesantren," jelasnya.
Sementara materi lainnya, sama dengan tahun-tahun sebelumnya seperti ilmu fiqih, tajwid bahkan termasuk tauhid. Dengan pengetahuan yang matang, maka para peserta didik akan menjalankan kewajibannya sebaik mungkin. "Yang kami harapkan mereka lebih serius lagi dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar. Sehingga kelak bakal menjadi tuntunan bagi mereka dimasa mendatang," jelasnya.
Kepala SMK Tri Mitra, Iwan Sumitra, menambahkan, semua peserta sanlat diharapkan bisa memberikan contoh yang baik setelah mendapat pengetahuan keagamaan yang lebih. Bisa fokus dalam belajar, menghargai sesama, menghormati guru, dan memiliki cita-cita yang tinggi sehingga bisa menjadi spirit bagi para peserta didik. "Kepada anak-anaku, jaga amanat orang tua, agar bisa menjadi orang yang membanggakan orang tua, karena rido Allah tergantung pada rido kedua orang tua," ujarnya singkat. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template