Siswa SD Manfaatkan Liburan Mengikuti Sanlat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa SD Manfaatkan Liburan Mengikuti Sanlat

Siswa SD Manfaatkan Liburan Mengikuti Sanlat

Written By Mang Raka on Selasa, 28 Juni 2016 | 14.30.00

TEGALWARU, RAKA - Mengisi liburan panjang ramadan tahun ini, tidak sedikit siswa yang memanfaatkan waktunya dengan mengikuti pesantren kilat (sanlat) yang diselenggarakan pesantren-pesantren diwilayahnya.

Selama tiga hari para siswa memperdalam agama Islam melalui berbagai aktivitas. Mereka dibimbing melakukan ibadah seperti shalat berjamaah, tilawah Qur’an, tahfiz (menghafal) surat-surat pendek al-Quran dan mengenal kisah-kisah islami melalui dongeng. Selain itu mereka juga diperkenalkan dengan percakapan bahasa Arab sehari-hari dan seni kaligrafi.
Kegiatan Pesantren itu melibatkan sekitar lima Pondok pesantren (Ponpes) yang tersebar di wilayah Karawang selatan. Seperti Ponpes An-Nur, Hidayyatulloh, Al-Hikayah dan Al-Amanah diantaranya. "Pesantren kilat merupakan suatu kegiatan yang sangat positif untuk dilakukan dalam rangka membentuk karakter islami pada siswa di sekolah," ucap Ustad Anwarrudin, Minggu (27/6).
Melalui kegiatan pesantren kilat pula, lanjut Anwarrudin, dapat membina akhlakul karimah diantara para siswa, memperkenalkan kepada siswa untuk menjadikan masjid sebagai wadah mempersatukan umat serta memberikan pendidikan agama islam sejak dini kepada siswa untuk membentengi akhlak dan moralnya agar tidak terpengaruh pada budaya global yang negatif. "Kegiatan pesantren kilat harus dilakukan sejak dini dan akan terus digelorakan secara berkelanjutan karena menjadi suatu langkah pendidikan yang strategis bagi siswa, orang tua dan sekolah," paparnya.
Hal senada pun diucapkan Pendiri Pengajian di Kampung Cipeuteuy, Enok.Spd. Dirinya mengatakan, pesantren kilat dianggap sebagai suatu investasi di dunia maupun di akhirat bagi siswa, orang tua maupun guru. Bagi siswa, melalui kegiatan pesantren kilat maka siswa akan dituntut belajar sejak dini mempelajari agama islam seperti membaca dan menghafal surat-surat Al Qur’an, selain berdoa. Bagi orang tua, melalui kegiatan pesantren kilat maka akan membantu mereka dalam mendidik anaknya membentuk karakter yang islami, menjadikan anak-anaknya menjadi anak yang shaleh dan shalehah. "Bagi guru, melalui kegiatan pesantren kilat maka akan menjadi suatu kerja sosial (ibadah) yang akan mendapatkan balasan pahala dari Allah SWT jika dilandasi dengan penuh keikhlasan," katanya.
Sementara, orang tua murid salah satu siswa yang mengikuti pesantren kilat di Pondok pesantren An-Nur, Indah (33) Warga Desa Wanasari, Mengatakan, Tadarus Al Quran dilaksanakan di kelas masing-masing dengan bimbingan guru serta tutornya. Jika saat ini beberapa teman-teman mereka sendiri yang kini sudah memiliki kemampuan lebih di bidang membaca Al Qur’an yang satu tingkat di atas putra nya kini pun sering membantu putra nya membaca Al-Qur,an. "Dengan tadarus Al Qur’an maka anak saya dan yang lainnya akan terlatih agar terbiasa membaca Al Qur’an. Membaca Al Qur’an merupakan sebuah amalan mulia yang dapat mencerahkan lahir batin, sebagai syafaat di hari kiamat, menghindarkan azab kubur dan mendapat petunjuk serta pertolongan dari Allah SWT," katanya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template