Siswa MA Ghoji Isi Waktu Ramadan dengan Tadarus di Kelas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa MA Ghoji Isi Waktu Ramadan dengan Tadarus di Kelas

Siswa MA Ghoji Isi Waktu Ramadan dengan Tadarus di Kelas

Written By Mang Raka on Kamis, 16 Juni 2016 | 14.30.00

TELAGASARI, RAKA - Berakhirnya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Tahun Ajaran 2015/2016, dimanfaatkan puluhan siswa Madrasah Aliyah (MA) Ghoyatul Jihad Telagasari bertadarus di dalam kelas. Kegiatan tersebut dilakukan setelah para siswa kelas X dan XI itu melaksanakan Salat Dhuha bersama di masjid sejak pagi hari.
Kepala MA Ghoyatul Jihad Drs Salmon mengatakan kegiatan tadarus bersama ini merupakan agenda Ramadan. Sambil menunggu calon peserta didik baru mendaftarkan diri, pihaknya memprogramkan kegiatan keagamaan kepada para siswa. Selain tadarus bersama sambil dicek satu persatu kelancaran membaca dan tadzwidnya, sekolah juga menganjurkan siswa kelas X dan XI ini untuk melakukan salat Dhuha bersama.
Ini tambah Salmon, menjadi awal untuk merutinkan ritual keagamaan sehari-hari di tahun ajaran baru yang akan datang. "Siswa kami anjurkan tadarusan dan menghafal surat-surat Alquran, setelah sebelumnya kami anjurkan untuk melakukan Salat Dhuha bersama," ujar dia.
Mantan Kepala MTs Rawamerta ini menambahkan sebenarnya kegiatan keagamaan bagi MA sudah dilakukan saat masa belajar aktif. Diantaranya pembiasaan baca doa-doa jelang dimulainya pelajaran. Kebetulan saja, kali ini diiringi dengan penyempurnaan kegiatan seperti tadarus, Dhuha hingga taushiyah keagamaan selama Ramadan di dalam kelas.
Para guru sebut Salmon mengisi bergiliran ceramah agama di dalam kelas dengan tema-tema yang menyangkut kegiatan Ramadan seperti keagungan Ramadan, hikmah dan pembentukan kepribadiannya terhadap umat. Semua guru yang dilibatkan tersebut merupakan ahli di bidangnya, sehingga setelah berakhir, pada Selasa depan ditutup dengan acara buka bersama para guru dan OSIS. "Taushiyah juga kita agendakan di kelas-kelas sama para guru, penutupannya nanti itu dengan siswa dan guru, insya Allah buka bersama Selasa depan," tandas dia.
Selama Ramadan ini, dirinya memberikan pesan agar para siswa memiliki perubahan positif, baik karakter maupun kualitas ibadahnya. Karena, meskipun bukan KBM resmi, tapi selama Ramadan, siswa diberikan poin tersendiri untuk menambah nilai di mata pelajaran agama. Seperti Aqidah Akhlak, Fiqh dan Bahasa Arab.
Sehingga, lewat ceramah agama ini, siswa dituntut komunikatif dengan para guru dengan bertanya soal ilmu-ilmu agama. Karena madrasah membawa keunggulan dalam aspek pembinaan moral dan akhlak masyarakat saat usia remaja. "Diharapkan siswa niat mencari ilmu selama Ramadan lillahi Ta'ala, dan menjadi pembiasaan untuk merubah pola pikir menjadi manusia yang lebih bermanfaat," kata dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template