Sistem Pengelolaan Terminal Klari Acak Kadul - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sistem Pengelolaan Terminal Klari Acak Kadul

Sistem Pengelolaan Terminal Klari Acak Kadul

Written By Mang Raka on Sabtu, 18 Juni 2016 | 18.00.00

KLARI, RAKA - Keberadaan terminal Klari sudah tidak efektif lagi sebagai terminal dalam kota. Saat ini selain fasilitas penunjang terminalnya minim angkutan umum dalam kota pun sudah hampir tidak pernah lagi masuk ke terminal tersebut. Parahnya lagi sopir angkot ternyata lebih suka menunggu penumpang diluar terminal sehingga kerap memicu terjadinya kemacetan.

"Seharusnya terminal Klari dijadikan sarana penunjang transportasi dan pembenahan armada angkutan penumpang dalam kota terutama angkutan perkotaan," ujar Kaur Trantib Desa Duren, Arief Maulana, ditemui RAKA, kemarin (17/6). Karenanya, akan lebih elok jika Pemkab Karawang melakukan perbaikan terhadap terminal tersebut, termasuk sistem memperbaiki sistem transportasinya.
Selain itu,dikatakan Arief, Dinas Perhubungan (Dishub) Karawang harus melakukan pengaturan lalu lintas, ditambah dengan memperlebar area Terminal Klari. Dishub harus melakukan pemeriksaan secara rutin armada angkutan, karena dikhawatirkan akan menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Semua armada yang beroperasi harus dalam kondisi yang layak, sehingga penumpang aman dan nyaman.
Lebih lanjut Arif yang diketahui juga sebagai Ketua PAC Demokrat Klari mengungkapkan, selain sudah tidak memadai bus yang berada di terminal itupun tidak boleh terlalu lama. Dishub Karawang harus segera melihat penjadwalan, terutama memberikan pelayanan yang baik bagi penumpang. Terminal Klari harus netralisir dari aksi tindak kejahatan pencopetan yang banyak berkeliaran di sekitar terminal. "Kita ingin transportasi umum, serta sarana lainnya harus diperbaiki. Dishub Karawang harus menertibkan angkot yang nakal, agar semua pelayanan angkot kepada masyarakat dapat ditingkatkan. Semua masyarakat yang naik angkot harus diberikan kenyamanan, ditambah keamanan dengan melakukan pencegahan secara dini dari aksi tindak kejahatan," tuturnya.
Dishub juga diminta melakukan pembenahan kembali, terutama memperbaiki sistem pelayanan armada. Pemkab juga didesak memberikan solusi transportasi yang baik, agar semua beralih ke transportasi umum. "Pemkab Karawang harus memiliki transportasi umum dalam kota yang memadai untuk mengangkut penumpang, sehingga penumpang merasa aman dan nyaman," paparnya.
Berdasarkan Pantauan RAKA dilokasi, terlihat sekali ketidakan teraturannya armada dan angkutan umum termasuk naik dan turunnya penumpang yang tidak didalam terminal tetapi dipinggir jalan. Selain itu, tidak sedikit angkutan umum yang memarkirkan kendaraannya di pinggiran jalan raya tersebut, dimana hal itu, menghabiskan setengah bagian jalan, dan kemacetan setiap harinya dirasakan. Selama ini pihak dishub yang berada di Terminal Klari pun, tampak tidak tegas dengan maraknya aksi pemarkiran serta pengendara motor yang sering melakukan lawan arus di jalan raya terminal Klari. (ian)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template