Siskamling Kunci Amankan Lingkungan Selama Ramadan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siskamling Kunci Amankan Lingkungan Selama Ramadan

Siskamling Kunci Amankan Lingkungan Selama Ramadan

Written By Mang Raka on Jumat, 03 Juni 2016 | 14.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Menyambut datangnya bulan suci Ramadan, aparat kepolisian bersama TNI dan Pol PP menggelar apel pengamanan selama Ramadan. Kapolsek Lemahabang Iptu Supriatno mengatakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) harus terjamin selama berlangsungya puasa.
Melalui 3 pilar ini yaitu, kepolisian, TNI, Pol PP dan linmas di desa-desa diharapan bisa memicu semangat dan sinergitas menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.
Baik dalam upaya menangkal pencurian motor, pencurian dengan pemberatan, dan pencurian dengan kekerasan. Supriyatno menyebut siskamling diyakini efektif menangkal kejahatan. Untuk itu, ia mengimbau kepada semua Linmas bersama Babinsa TNI dan Babinkamtibmas agar sama-sama menggalakan siskamling. Terutama usai tarawih dan menjelang sahur. Karena di waktu ini rentan dimanfaatkan untuk berbuat maksiat terutama oleh para pemuda. "Tiga pilar ini harus sama-sama menjamin keamanan masyarakat selama Ramadan. Paling tidak menghidupkan kembali siskamling," tandas dia.
Kapolsek asal Purwakarta ini menambahkan keamanan merupakan tanggungjawab bersama. Polisi berupaya keras mempersempit pergerakan negatif para pelaku kejahatan. Untuk itu, para kades dan aparat desa, diharapkan getol mensosialisasikan pentingnya penjagaan rumah dan lingkungan selama puasa. Contohnya ialah tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat tanpa dikunci ganda atau membiarkan jendela rumah terbuka. Bila hendak bepergian sebaiknya melapor ke tetangga terdekat.
Mereka juga diminta membubarkan jika ada gerombolkan pemuda yang disinyalir berbuat maksiat dan menganggu keamanan. "Keamanan adalah tanggungjawab bersama, mari persempit pergerakan kejahatan selama Ramadan," serunya.
Lebih jauh kapolsek yang belum genap setahun di Lemahabang ini menambahkan, beberapa waktu terakhir polisi sudah mengamankan ratusan jenis petasan di pasar-pasar dan tempat penjualan lainnya. Karena ini bisa mengancam gangguan Kamtibmas. "Petasan sudah banyak kita amankan, tinggal kita berharap selama puasa, masyarakat bisa menjalankannya dengan khidmat," tandas dia.'
Kasie Trantib Lemahabang Asep Vivar mengatakan hal serupa. Ia menaruh harapan besar bahwa linmas bisa memahami apa yang sudah disampaikan dalam apel persiapan Ramadan ini. Hari ini, Jumat (3/6) ia segera menggelar rapat di mako kaitan persiapan Ramadan termasuk kesiapan desa-desa yang akan dilintasi arus mudik seperti Kedawung, Lemahabang, Karyamukti dan Pulojaya. Ia juga mengimbau semua Kasie Trantib semua desa terus siaga selama Ramadan dan menghidupkan kembali Siskamling. "Tahun lalu dilaporkan cukup aman dan lancar, tahun sekarang semoga kita bisa mempertahankan keamanan di kecamatan Lemahabang," harap pria ini. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template