Sekdes PNS Ngebet Ingin Naik Jabatan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sekdes PNS Ngebet Ingin Naik Jabatan

Sekdes PNS Ngebet Ingin Naik Jabatan

Written By Mang Raka on Kamis, 02 Juni 2016 | 16.00.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Sekretaris Desa (Sekdes) PNS saat ini memang sudah menjadi pejabat fungsional di kecamatan. Hanya dengan memngantongi golongan 2B hingga 2C, para pejabat PNS tanpa pra jabatan sebelumnya itu sulit naik pangkat maupun golongan karena faktor usia. Namun, bagi mereka yang berlatar belakang pendidikan D3 dan S1 justru berbondong-bondong mengajukan penyesuaian demi kenaikan pangkat.
Mantan Sekdes PNS Karangtanjung, Jumanta SH mengakui, bahwa mantan sekdes PNS yang memiliki latar belakang pendidikan sarjana, serta masih tergolong muda, bisa mengajukan penyesuaian golongan. Dengan harapan bisa naik dari rata-rata 2B-2C menjadi 3A. Kata dia, itu wajar, karena jika naik satu tingkat saja mereka harus menunggu masa jabatan 4 tahun. Namun dengan latar belakang sarjana, tanpa menunggu masa kerja, bisa langsung penyesuaian.
Disinggung, peluang dikabulkannya ajuan karena saat menjadi PNS, peluang itu masih ada tanpa melihat bagaimana para sekdes ini bisa menjadi PNS. "Gak, saya kira gak ngaruh, status kita yang tidak pra jabatan dulu. Satu yang jelas, PNS yang sarjana harus menyesuaikan," tandas dia.
Senada dikatakan mantan Sekdes PNS Desa Kedawung, Bambang Irwanto, selama ini dirinya mengantongi 2 SK dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Pertama sebagai pegawai kecamatan yang ditugaskan di desa sebagai sekdes. Sedangkan SK terakhir perihal pengangkatannya sebagai anggota Pol PP.
Dari kedua SK tersebut, dua-duanya tidak ada yang dibatalkan, sehingga statusnya sejauh ini masih tidak jelas. Meski demikian, baginya yang sudah menjelang pensiun dan bukan berlatar belakang sarjana, tidak ada peluang lagi mengajukan penyesuaian pangkat. Tapi bagi yang sudah sarjana, banyak eks Sekdes PNS mengajukan penyesuaian meskipun tidak ikut prajabatan. Namun kembali lagi, semua itu biar BKD menjawabnya.
Ia sendiri berpendapat, bagi yang muda-muda dan sarjana, diharapkan bisa mengejar peluang menjadi 3A dari uang sebelumnya 2B dan 2C. "Saya gak tahu, apakah mantan sekdes PNS yang tidak prajabatan bisa naik pangkat, meskipun menhgajukan penyesuaian," ungkap dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template