Segera Jalankan Putusan Pilkades Sumurgede - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Segera Jalankan Putusan Pilkades Sumurgede

Segera Jalankan Putusan Pilkades Sumurgede

Written By Mang Raka on Kamis, 02 Juni 2016 | 16.30.00

-BPD Nilai Bupati Bingung

CILAMAYA KULON, RAKA - Tidak mau larut dalam ketidakpastian, sejumlah anggota BPD Sumurgede mendesak Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana segera mengeluarkan kebijakan untuk meredam segala konsekwensi yang terjadi di desa tersebut akibat sengketa Pilkades 2012. BPD sebagai penengah dan pengaman kebijakan pemerintahan desa enggan situasi ketidakpastian ini terus terjadi.
"Kami tidak memaksa mendorong bupati supaya cepat eksekusi SK Yahya Sulaeman, tapi yang kami minta itu ya sikap bupati selama ini," ujar anggota BPD Sumurgede Wahyu.
Pihaknya terus Wahyu, sudah ikut beragam proses, mulai dialog dengan DPRD, hingga Sekda. Bagi BPD, tidaklah salah mempertanyakan tindaklanjut proses hukum Pilkades Sumurgede, tapi jangan diterjemahkan, bahwa BPD memaksa agar bupati segera melaksanakan eksekusi dengan mencabut SK Yahya Sulaeman, tapi ini adalah satu dari sekian upaya BPD guna menjamin kondisifitas pemerintahan desa.
Karenanya, memang, pandangan BPD, jika semua proses hukum hingga ke Mahkamah Agung (MA) sudah rampung, solusi jitu agar ketidakpastian ini berakhir adalah sikap nyata dari bupati. Bila bupati terus diam, bisa diartikan bupati juga melawan hukum dari keputusan yang sudah inkrah. "Jangan diartikan memaksa bupati supaya ini itu, tapi karena ketidakpastian dari sikapnya membuat kami berkewajiban mempertanyakannya," kata dia.
Senada dikatakan anggota BPD lainnya, Cahya Permana ia mengaku sudah menyambangi sejumlah instansi perihal permasalahan sengketa pilkades. Namun hasilnya, semua ini diserahkan sepenuhnya kepada Bupati Karawang.
Persoalan ini harus segera terselesaikan dan jangan dibiarkan berlarut. Eksekusi, bisa dijalankan jika semua syarat dan ketentuan hukum sudah matang. "Kalau kami tinggal mendorong saja agar bupati segera mengambil keputusan. Adapun di lapangan apa yang terjadi, semuanya sudah konsekwensi hukum," tandas dia.
Salah seorang penggugat Pilkades Sumurgede yang mundur sebelum kasasi di MA, H Alwi Jabarudin mengatakan dirinya memang mundur dalam proses gugatan karena alasan sudah jengkel dengan proses hukum yang panjang dan kurang menggembirakan di tengah-tengah perjuangan. Sebenarnya, ia sudah tahu siapa yang salah dan siapa yang benar siapa. Sebelum mundur pun dirinya sudah memprediksi akan keberhasilan ini.
Dirinya tambah Alwi, sempat disarankan bupati H Ade Swara kala itu agar menggugat ke PTTUN. Dan hal tersebut sudah dilakukannya. Akan tetapi mengapa saat ini ketika semuanya sudah kuat di MA, Bupati Cellica terkesan bingung memutuskan amanah MA.
Jika bupati berpegang pada hukum tambah Alwi, tidak usah bingung mengambil keputusan. Sebab kajian sebenarnya dari dulu sudah dikantongi Kabag hukum dan birokrat selama ini. Aneh saja sebutnya, jika bupati masih tampak kebingungan. "Saya tahu mana yang benar mana yang salah, dulu mundur karena saya jengkel dengan proses, tapi perjalanan hingga sudah lampu hijau saat ini sudah diprediksi jauh-jauh hari, lantas apa yang dibingungkan lagi bupati?" tanya dia. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template