Sawah di Kutaraja Sering Kebanjiran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sawah di Kutaraja Sering Kebanjiran

Sawah di Kutaraja Sering Kebanjiran

Written By Mang Raka on Senin, 27 Juni 2016 | 12.00.00

KUTAWALUYA,RAKA - Sejumlah petani di Kutawaluya yang kerap mengalami luapan air tatkala musim hujan, meminta adanya perbaikan irigasi dan saluran air agar tidak menggenangi sawah mereka. Hal ini diutarakan untuk meminimalisir potensi gagal panen yang bisa terjadi di wilayah tersebut.
Dikatakan oleh Asep, petani asal Kecamatan Kutawaluya, bahwa ada irigasi dan saluran air yang sudah mengalami pendangkalan akibat kekeringan terlalu lama serta kurangnya perawatan saluran irigasi. "Kondisi parit di daerah itu sudah mulai mengalami pendangkalan akibat tertimbun tanah dan sampah. Jadi perlu perbaikan dan pembersihan, agar aliran air menuju sawah menjadi lancar," kata petani Desa Kutaraja tersebut.
Dia menuturkan, saluran air di kawasan itu hampir tidak pernah dibersihkan selama musim kering lalu. Untuk itu, pihaknya minta pemerintah membantu untuk melakukan perbaikan dan pengerukan irigasi dan saluran air. "Jika irigasi dan saluran air tidak diperbaiki, aliran air ke sawah warga akan terganggu. Air pun bisa masuk ke sawah warga dengan jumlah yang banyak," ujarnya.
Ia berharap, agar pengerukan itu dilaksanakan secepatnya, agar tidak menyebabkan kegagalan panen yang berdampak pada hasil produksi tatkala musim hujan tiba ataupun saat debit aliran air sedang tinggi. "Biasanya kalau tidak musim hujan pun, kalau memang debit airnya tinggi akan menggenang, kalau sudah tergenang hasil panen kami pun bisa melorot drastis," tandas Jujun. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template