Satu Rumah Satu Bak Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Satu Rumah Satu Bak Sampah

Satu Rumah Satu Bak Sampah

Written By Mang Raka on Sabtu, 25 Juni 2016 | 16.30.00

TEGALWARU, RAKA - Himbauan sudah dilakukan demikianpun larangan dalam bentuk tertulis, namun kebiasaan masyarakat membuang sampah ke saluran air tetap tidak bisa dihentikan. Karenanya, perlu sikap tegas pemerintah disamping sosialisasi secara berkelanjutan dengan melibatkan masyarakat.

"Tingkat pemahaman masyarakat terhadap dampak membuang sampah ke saluran air, ini yang perlu ditingkatkan. Selain itu, keterlibatan semua elemen juga menjadi hal mutlak. Tentu saja itupun dibawah arahan pemerintah terkait," ucap Wiwin (43), Jumat (24/6). Dirinya merasa kesal setiap kali mendapati ada sampah yang membendung aliran air di saluran-saluran yang melintas pemukiman warga.
Wiwin tidak menampik jika memang ada papan-papan bertuliskan larangan membuang sampah ke sungai, tetapi itupun hanya dititik-titik tertentu saja, seperti lokasi objek wisata dan lokasi-lokasi yang jadi tempat pembuangan sampah liar. Padahal jika pemerintah serius soal penanggulangan sampah ini, perbanyak papan-papan larangan buang sampah sembarangan. Itu juga kan bentuk sosialisasi tidak langsung kepada masayarakat. Paling tidak bisa menjadi peringatan dini untuk tidak membuang sampah sembarangan.
"Persoalan sampah sudah menjadi polemik yang sulit bahkan amat peka. Akan tetapi masyarakat yang perduli cukup minim malah nyaris tidak ada. Sementara pemerintah wilayah pun seperti tidak mau tahu persoalan tersebut. "Pencegahan dan pemberitahuan kan bisa saja dilakukan agar masyarakat memahami betapa pentingnya tidak membuang sampah sembarangan," ucapnya.
Sementara H.Murdin (44) menegaskan, pemerintah desa kebanyakan tidak mempersoalkan masalah itu saat ini tetapi lebih menekankan terhadap normalisasi seperti penurapan dan pembangunan infrastruktur pendukung daerah aliran sungai (DAS). "Kalau diajak bicara masalah sampah seperti yang kurang serius menanggapinya. Padahal inikan masalah bersama. Mereka kebanyakan lebih ke insfrastrukturnya saja. Karenanya perlu penegasan dari pemerintah yang paling atas. Sekarang kan banyak persoalan teknis yang diakibatkan dari sampah, mesti secepatnya menyadari itu semua jangan sampai terlambat ditanggapi," tandasnya.
Sedang Endas (30) warga setempat menambahkan, banyak sebetulnya bisa dilakukan untuk menanggulangi masalah sampah, termasuk menyediakan tong-tong sampah dipinggir-pinggir jalan atau mengharuskan warga memiliki bak sampah dipekarangan rumahnya. "Coba pemerintah buat kebijakan satu rumah satu tempat sampah. Saya optimis masalah sampah bisa diatasi," tuturnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template