Rumput di Pangkalan Berbahaya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rumput di Pangkalan Berbahaya

Rumput di Pangkalan Berbahaya

Written By Mang Raka on Sabtu, 18 Juni 2016 | 16.00.00

*Hewan Ternak Mati Setelah Makan Rumput di Pekarang Rumah Warga

PANGKALAN, RAKA - Penggunaan insektisida untuk mematikan rumput liar di Kecamatan Pangkalan ternyata berimbas terhadap sektor peternakan di wilayah tersebut. Kini para peternak sapi, kambing dan kerbau disana kesulitan mendapatkan pakan ternaknya. Mereka mengaku tidak adalagi rumput yang bisa dikonsumsi hewan-hewan ternak mereka.

Obat kimia yang sering digunakan untuk memusnahkan rumput dan tanaman liar yang sering warga gunakan adalah Round Up dan Gromoxon, ternyata sangat efektif untuk membunuh pertumbuhan rumput. Namun akibatnya cairan itu mudah terbawa deras air karena saat ini musim hujan hingga akhirnya para pemilik ternak khawatir rumput malah terkena imbas obat kimia itu. Maka banyak yang memutuskan lebih baik mencari rumput di pinggir jalan karena lebih aman bagi hewan ternak mereka.
Rohid (40) Warga Kampung Karangasem, Desa Kertasari menjelaskan, rumput yang aman saat ini hanya di pinggir jalan. Menurutnya di halaman dan kebun warga, sangat disangsikan keamanannya. "Kini yang aman hanya ada di pinggir jalan, dan kalau di halaman dan pekarangan rumah warga khawatir kalau warga ada yang menggunakan obat kimia untuk membunuh pertumbuhan rumput. Akhirnya nanti malah membunuh hewan ternak," ujarnya, kemarin (17/6).
Hal senada diungkapkan Edot (33), warga kampung Babakan Ngantai, kenapa rumput yang lebih aman mereka memilih rumput jalanan, karena pernah ada korban hewan ternak yang mati karena memakan rumput yang diduga mengandung obat kimia pemusnah rumput. "Makanya saya kapok dan tidak memilih rumput yang ada dan tumbuh subur di pekarangan rumah warga, takut terkontaminasi oleh obat kimia hingga menyebabkan kematian pada hewan ternak," tandasnya.
Lain lagi Barsam (37) warga Kampung, Cijaleka, Desa Ciptasari memaparkan, para pemilik lahan tidak ambil pusing terhadap kesulitan para peternak. Karena cuma obat kimia paling ampuh mematikan rumput. "Makanya mereka jarang mengambil rumput di pekarangan rumah warga karena banyak kerugiannya. Sekarang ngarit di pinggir jalan menjadi pilihan yang paling aman," paparnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template