Rekayasa Lalulintas H-7 - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rekayasa Lalulintas H-7

Rekayasa Lalulintas H-7

Written By Mang Raka on Rabu, 22 Juni 2016 | 16.30.00

*Titik Terparah Macet Mudik, Waspadai Tanjungpura

KARAWANG, RAKA - Sejak kemarin (21/6) jalan-jalan utama maupun alternatif yang akan dilintasi para pemudik sudah mulai dipasangi rambu-rambu lalulintas, selain rambu-rambu yang sudah ada. Sementara rekayasa lalulintas akan dilakukan petugas pada H-7 nanti. Polres Karawang sendiri sebelumnya telah menyiapkan sebanyak 2500 kanalisator atau tolo-tolo dan ratusan rambu-rambu penunjang pengatur rekayasa arus lalulintas.

Kasat Lantas Polres Karawang, AKP Rendy Setia, ketika dikonfirmasi terkait kesiapan jajarannya dalam pengamanan arus mudik 2016 ini mengatakan, sejak jauh-jauh hari pihaknya telah melakukan berbagai persiapan menjelang datangannya musim mudik lebaran. Diantaranya telah menyiapkan tolo-tolo. Selain 150 water barrier serta puluhan lampu penunjuk arah. “Sudah beberapa hari ini kami melakukan pamasangan. Kami juga sudah menyebarkan tolo-tolo dan penunjang lainnya ke sejumlah titik yang menjadi jalur mudik," ucap Rendy.
Masih dikatakan Rendy, selain ribuan tolo-tolo dan water barrier, pihaknya juga mempersiapkan ratusan buah traffic dan puluhan penunjuk arah. "Ada sekitar 100 buah traffic dan 140 buah barrier beton selain water barrier, kami mempersiapkan 99 buah penunjuk arah. Sebagian sudah dipasang dititik-titik yang menjadi perlintasan mudik," terang Rendy lagi.
Sementara disinggung perihal antisipasi kemacetan, Rendy mengatakan akan dilakukan melalui rekayasa lalulintas. Hanya saja itu akan dilakukan sesuai kebutuhannya nanti. "Rencananya H-7 dilakukan pemasangan untuk rekayasa lalu lintas,” ungkapnya.
Meski secara umum aparat kepolisian sudah siap melakukan pengamanan arus mudik lebaran. Tetapi pihaknya masih terus melakukan berbagai persiapan lainnya. Sehingga pengamanan mudik lebaran berjalan lancar. “Untuk jalan-jalan yang dilalui pemudik sudah ada diperbaiki dan bisa dilalui. Adapun penerangan yang rusak hingga saat ini terus diperbaiki, dan informasinya H-14 PJU sudah selesai,” jelasnya.
Dikatakan Rendy, Polres Karawang dan jajarannya akan terus berupaya memudahkan pemudik demi kelancaran arus mudik lebaran. "Kami berharap  pemudik yang menggunakan sepeda motor agar mematuhi rambu lalulintas serta menggunakan kelengkapan berkendaraan," tegasnya.
Secara terpisah, Kabid Lalin Dishubkominfo Karawang, H. Adang S, menambahkan, dalam pengamanan arus mudik lebaran kali ini, pihaknya bersama lintas sektoral termasuk pihak kepolisian sudah melakukan pengecekan jalur mudik yang akan dilintasi motor yaitu Tanjungpura - Wadas - Cilamaya - Cikalongsari, Jatisari. "Untuk R2 bisa dilintasi. Kami akan menurunkan anggota sebanyak 95 personil disebar diberbagai titik yang rawan kemacetan dan kecelakaan. Tentunya dilapangan kami akan bertugas bersama personil dari kepolisian, Satpol PP dan aparat terkait lain," pungkasnya.
Aip juga menyebutkan, awal kemacetan di Karawang untuk pemudik roda dua (R2) akan terjadi diantara pertemuan Karawang dan Bekasi tepatnya di wilayah Tanjungpura. Kemudian, lanjut Aip , kemacetan akan terjadi saat pengalihan jalur Jalan Lingkar luar ke arah Johar-Krasak. "Tetapi jika jalur nasional Jalan Cikampek ini aman, maka kendaraan roda dua akan dialihkan ke Cikampek. Tidak melalui jalan Johar-Krasak," pungkasnya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template