Ramadan, Jam Kerja PNS Purwakarta Setengah Hari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ramadan, Jam Kerja PNS Purwakarta Setengah Hari

Ramadan, Jam Kerja PNS Purwakarta Setengah Hari

Written By Mang Raka on Sabtu, 04 Juni 2016 | 18.30.00

Seperti sudah menjadi kebiasaan setiap Ramadan, ada perubahaan jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pemerintah pusat telah menetapkan, jam kerja PNS, TNI dan Polri saat Ramadan dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Namun hal tersebut tak berlaku di Purwakarta. Pasalnya Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi telah menetapkan jam kerja PNS saat Ramadan dimulai pukul 06.30 WIB hingga pukul 13.00 WIB.
Beberapa waktu lalu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah mengeluarkan surat edaran No 3 tahun 2016 perihal penetapan jam kerja bagi seluruh PNS, TNI, dan Polri selama Bulan Ramadan menjadi pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Surat edaran tersebut tidak berlaku untuk Pemkab Purwakarta. Seluruh PNS mulai Senin 6 Juni mendatang akan masuk kerja pukul 06.30 WIB dan pulang pukul 13.30 WIB. Pada hari biasa, PNS masuk pada pukul 07.30 WIB dan pulang pada pukul 16.30 WIB.
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi beralasan, jam kerja tersebut mendasarkan diri pada pendapat setelah makan sahur dan salat Subuh diharapkan kaum muslim tidak kembali tidur, melainkan segera bersiap menjalani aktifitas atau bekerja seperti biasa. "Kebiasaan ini sudah berlaku dua tahun terakhir. Sudah seharusnya setiap tata aturan birokrasi itu mengacu kepada kultur dan tidak boleh dipukul rata," jelas Dedi, kemarin.
Dedi melanjutkan, anjuran Rasul tersebut patut untuk dilakukan karena tidur setelah makan sahur tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, arus lalu lintas di Kabupaten Purwakarta relatif lancar, sehingga tidak akan mengganggu aktifitas PNS menuju kantornya masing-masing. Dedi mengatakan, kebijakan pulang pukul 13.30 WIB pun membuat para PNS bisa mempersiapkan diri untuk berbuka bersama keluarga. Dengan banyaknya waktu luang jelang buka puasa membuat keakraban keluarga semakin terjalin sebagai ladang pahala. "Ibadah puasa Ramadan bagi kami di Kabupaten Purwakarta bukan sekedar kepentingan personal. Tapi ini adalah momen bagi kami untuk mendidik dan beribadah bersama keluarga. Saya rasa banyak waktu luang dan bisa dimanfaatkan secara posituf jika pulang pukul 13.30 WIB," katanya.
Dedi berharap, momen puasa Ramadan tidak dijadikan ajang bermalas-malasan untuk para PNS bekerja juga tidak kehilangan konsentrasi saat memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan. Sebelumnya Dedi telah mengeluarkan surat edaran untuk meliburkan seluruh siswa SD hingga SMA di Kabupaten Purwakarta selama kurang lebih 1,5 bulan. Mereka sengaja diliburkan untuk fokus beribadah dan membantu orang tua di rumah yang nantinya akan dilaporkan saat hari pertama masuk sekolah. (rk/dc)

Jam kerja sesuai edaran pemerintah pusat untuk Ramadan
Masuk : 08.00 WIB
Pulang : 15.00 WIB

Jam kerja di Purwakarta
Saat Ramadan
Masuk : 06.30 WIB
Pulang : 13.30 WIB
Hari Biasa
Masuk : 07.30 WIB
Pulang : 16.30 WIB
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template