Ramadan Bulan Kebersamaan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ramadan Bulan Kebersamaan

Ramadan Bulan Kebersamaan

Written By Mang Raka on Sabtu, 11 Juni 2016 | 16.00.00

- Saling Berbagi dan Bantu Sesama

KARAWANG, RAKA – Nilai-nilai kebersamaan semakin terasa ketika memasuki bulan Ramadan. Kebersamaan dengan keluarga, teman, sahabat maupun sesama semakin erat. Maka tidak heran, jika Ramadan ini disebut sebagai bulan kebersamaan. Karena di bulan ini, kita dianjurkan memperbanyak kebaikan terhadap semua orang dengan cara apapun. Nilai-nilai kebersamaan ini, seperti yang terlihat dikalangan santri Pondok Pesantren Al Ikhlas di Kecamatan Karawang Barat.
Mereka secara bersama-sama menyiapkan makanan untuk berbuka puasa. Kemudian, sambil menunggu waktu berbuka, mereka berkumpul dan saling berbicara satu sama lain. Hal ini akan menjalin komunikasi dan kebersamaan semakin. Tak hanya itu, ketika waktu berbuka tiba, makanan yang akan mereka santap dituangkan dalam sebuah wadah besar untuk dimakan secara bersama. Hal seperti ini, yang tak akan ditemukan ditempat lain selain di pondok pesantren.
Tak hanya menjalin dan mendekatkan diri dengan sesama santri, Pondok Pesantren Al Ikhlas ini juga mengajarkan pada santrinya untuk saling berbagi dengan sesama. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah dengan membagi-bagikan takjil kepada masyarakat. Takjil tersebut, santri siapkan sendiri lalu mereka bagikan kepada yang membutuhkan. “Alhamdulilah, tahun ini kita masih bisa memberi dan membagi rejeki untuk semua orang,” kata Ika, salah seorang santri Pondok Pesantren Al Ikhlas.
Santri membagikan takjil berupa air minum serta kue dan kolak yang dimasak dari para santri di pondok. Mulai dari Asar persiapan untuk pembagian takjilpun sudah dilakukan. “Ya begini, kalau jam-jam sore semua pada sibuk untuk persiapan takjil, kalau siang kita gunakan waktu untuk pengajian di masjid,” tuturnya.
Santri lainnya, Iqbal mengatakan, bahwa apa yang telah dilakukan para santri setidaknya bisa membantu meringankan beban masyarakat dan bisa bermanfaat bagi semua orang dalam melakukan kebaikan di bulan suci. “Bahagia dan seneng aja bisa berbagi dan semoga bisa bermanfaat buat semuanya, meskipun tidak seberapa yang penting bisa member,” pungkasnya. (asy/yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template