Ramadan Asyik Bareng Ankasa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ramadan Asyik Bareng Ankasa

Ramadan Asyik Bareng Ankasa

Written By Mang Raka on Selasa, 21 Juni 2016 | 16.30.00

- Siswa SMPN 6 Karawang Barat Berlomba Jadi yang Terbaik

KARAWANG, RAKA – Beragam kegiatan keagamaan mewarnai Ramadan Asyik Bersama Ankasa (Romansa) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Karawang Barat. Tak tanggung-tanggun, kegiatan yang berlangsung selama 5 hari itu, dimeriahkan oleh berbagai kegiatan perlombaan seperti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), kaligrafi, cipta puisi dan lomba cerdas cermat.
Salah satu panitia kegiatan, Hanif Adiwijaya mengatakan, bahwa kegiatan Romansa digagas oleh organisasi kedaerahan santri (Ankasa) asal Karawang, Subang dan Purwakarta. Mereka membentuk kepantiaan kegiatan Ramadan di sekolah. Kata dia, dengan adanya Romansa banyak yang siswa dapatkan dari kegiatan tersebut. Mulai dari belajar kedisiplinan, keilmuan dan belajar tanggung jawab yang dimasukan dalam perlombaan mini di kelas. “Selain perlombaan yang dimasukan secara inti, ada perlobaan kecil lainnya juga setelah di waktu break seperti motivasi dan game seru yang bisa memberikan pelajaran tentang kehidupan,” katanya.
Masih dikatakan dia, bahwa kegiatan yang dimulai sejak hari Sabtu (18/6) tersebut hanya diisi dengan kegiatan perlombaan seperti biasaanya. Tak hanya itu, rutinitas seperti salat Duha yang dilakukan di halaman sekolah juga dianjurkan bagi mereka. Karena dengan pendidikan seperti itu, diharapkan bisa menjadi sebuah kebiasaan baik yang bisa mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Kalau sekarang normal aja kegiatannya dan diakhir kegiatan nanti ada acara buka bersama dan salat Taraweh bersama, kalau sekarang kita hanya melakukan kegiatan dari jam 7 pagi sampai jam 11 siang,” ucapnya.
Dia berharap, ketika kegiatan diakhir nanti, setiap siswa bisa dapat memahami dan menjalankan apa yang telah didapatkannya dalam kegiatan selama 5 hari itu. Sebab, selain kegiatan yang diwarnai dengan perlombaan ada kegiatan yang bisa menyadarkan mereka sebagai umat Islam dan pelajar. “Semoga setelah kegiatan ini berakhir nanti, mereka bisa tahu tugas mereka sebagai umat Islam dan pelajar dan mampu menjalankan apa yang telah diperintahkan Allah dan menjauhi larangannya,” pesannya.
Guru agama SMPN 6 Karawang Barat, Jajang, mengaku senang dengan adanya kegiatan keagamaan yang melibatkan siswa tersebut. Karena bagi dia, pondasi yang kuat yang dibutuhkan oleh para pelajar adalah tentang ilmu kegamaan keimaan dan ketakwaan terhadap sang pencipta. “Bagus ya selain diisi dengan kegiatan positif juga bisa meningkatkan iman dan ketakwaan mereka terhadap tuhannya,” ucapnya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template