Puncak Arus Mudik Tanggal 1 Juli - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Puncak Arus Mudik Tanggal 1 Juli

Puncak Arus Mudik Tanggal 1 Juli

Written By Mang Raka on Rabu, 29 Juni 2016 | 18.39.00

CIKAMPEK, RAKA - Sejumlah pemudik sudah mulai terlihat melintasi Kabupaten Karawang. Meski begitu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Karawang, H Aip S Chalil memprediksikan arus balik akan lebih ramai dibanding arus mudik.
"Kalau arus mudik Insya Allah relatif aman dan terkendali. Paling nanti arus balik ada kemacetan," ujar Aip kepada Radar Karawang, di ruang kerjanya, Selasa (28/6)
Untuk persiapan antisipasi dan rekayasa lalulintas menjelang Idul Fitri, diakuinya sudah matang. "Nanti hari Kamis kami mengikuti gelar pasukan secara terpadu, yang akan diadakan di Karangpawitan," ujarnya.
Personel dari Dishub berdasarkan surat perintah yang sudah ditandatangani sekitar 140 orang. Mereka akan membaur dengan personel dari kepolisian, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan lainnya, ke titik-titik rawan yang sudah disiapkan pos pengamanannya. "Mereka akan siap siaga mulai dari perbatasan Karawang-Cikarang, yaitu di Tanjungpura sampai perbatasan Karawang-Subang yaitu Cikalongsari," ucapnya.
Untuk rekayasa lalulintas, pihaknya sudah menyarankan agar kendaraan roda dua melintasi jalur utama, yaitu Tanjungpura-Jalan Baru-Klari-Cikampek-Cikalongsari. Sedangkan jika jalur utama tersebut mulai padat, diarahkan ke jalur alternatif seperti tahun-tahun sebelumnya. Yaitu Tanjungpura-Jalan Baru-Lamaran-Telagasari-Wadas-Cilamaya-Cikalongsari. "Untuk R4 (kendaraan roda empat) tidak ada persoalan. Karena berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, dibukanya Tol Cipali cukup mengatasi kemacetan," ujarnya.
Terlebih, tahun ini gerbang Tol Cipali tidak akan ditutup pintu tolnya. Dan pembayaran jalan tol akan dilakukan saat exit Cipali. Hal ini sangat menunjang kelancaran lalu lintas pada musim mudik kali ini. Dia memprediksi, puncak arus mudik akan terjadi pada hari Sabtu-Minggu, karena PNS dan karyawan perusahaan mulai libur kerja tanggal 1 Juli. "Kami menghimbau kepada masyarakat yang terlintasi R2 maupun R4, berhati-hati saat nyeberang. Kami juga meminta agar masyarakat ikut menyukseskan arus mudik maupun balik tahun ini," pungkasnya.
Terkait persiapan petugas kesehatan di jalur mudik, sedikitnya 1.200 tenaga kesehatan akan disiagakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang. Sementara untuk mobilitas, Dinkes menyediakan 70 ambulans. Kepala Bidang Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karawang dr Sri Sugihartati mengungkapkan, sejumlah dokter di rumah sakit sudah ditugaskan siaga selama mudik lebaran. "Termasuk sekitar 50 puskesmas yang ada di Karawang dalam kondisi siap," ungkapnya.
Para dokter, seperti dokter spesialis juga siap dihubungi kapan saja untuk menangani pasien. Termasuk dokter spesialis epidemiolog, karena biasanya banyak kasus kecelakaan lalu lintas yang membutuhkan penanganan khusus. "Dokter  siap on call setiap mudik. Ada dokter yang stand by di area jalur mudik, hanya untuk penanganan awal," terang Sri kepada Radar Karawang.
Sebanyak 16 posko pelayanan kesehatan juga disebar di jalur mudik. Sri menjelaskan, pos kesehatan tersebar, dengan posko utama ada di Tanjungpura dan Jomin ditambah pos yang didirikan pihak swasta. Akan ada dokter yang keliling dari posko satu ke posko lain. "Penting ada ambulans. Jika dalam kondisi emergency, harus tahu pasien akan segera dirujuk ke mana," katanya. (zie/dri/ops)

Posko Utama Dinkes

Tanjungpura
Jomin
Cikalong
Simpang Mutiara
Lamaran


Angka Kecelakaan

Tahun 2007
30 orang meninggal
Tahun 2015
3 orang meninggal


Jalur Mudik
Tanjungpura-Jalan Baru-Klari-Cikampek-Cikalongsari

Jalur Alternatif
Tanjungpura-Jalan Baru-Lamaran-Telagasari-Wadas-Cilamaya-Cikalongsari
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template