Puncak Arus Mudik Diprediksi Lebih Awal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Puncak Arus Mudik Diprediksi Lebih Awal

Puncak Arus Mudik Diprediksi Lebih Awal

Written By Mang Raka on Selasa, 28 Juni 2016 | 17.39.00

PURWAKARTA,RAKA -  Puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2016, diprediksikan akan terjadi lebih awal yakni H- 4 atau H - 5 lebaran. Sebab, cuti bersama terjadi pada awal pekan. Pada Sabtu 2 Juli dan Minggu 3 Juli volume kendaraan yang akan melintas di wilayah Jawa Barat, baik jalur utara, tengah dan selatan diprediksikan sudah mulai meningkat.
Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Arman Sahti mengatakan, puncak arus mudik biasanya bertepatan dengan momentum cuti bersama. Tahun lalu puncak arus mudik terjadi  H-3 dan H-2 yang jatuh pada Rabu dan Kamis. Sementara tahun ini cuti bersama jatuh pada hari Senin 4 Juli sampai Jumat 8 Juli. Untuk itu, puncak arus mudik tahun ini diprediksi lebih awal. Akan banyak pemudik yang berangkat pada hari Jumat atau Sabtu. "Cuti bersama yang akan jatuh pada hari Senin pekan depan tentu membuat para pemudik akan berangkat lebih awal, seperti hari Jumat malam. Situasi inilah yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bisa mudik lebih cepat. Karena untuk tahun ini berbeda karena libur bersama bisa dikatakan lebih cepat," ujarnya.
Dari pantauan Radar Karawang, hingga kemarin sore, penampakan kendaraan pemudik sudah mulai terlihat melintas di Jalan Raya Cikopo, meskipun jumlahnya tidak signifikan. Saat itu, sejumlah kendaraan pemudik yang keluar gerbang Tol Cikampek lebih memilih ruas Pantura, mereka tampak tak melintas lewat Tol Cipali. Sejumlah anggota kepolisian pun tanpak sudah disiagakan mengatur lalu lintas di lokasi itu. Pos tersebut sangat vital untuk mengatur dan memantau arus kendaraan yang
keluar dari Tol Cikampek. Karena merupakan pertemuan antara pengendara yang akan masuk keluar tol dan pengendara dari dua arah di Jalan Cikopo. Apalagi jika terjadi lonjakan arus kendaraan, akan segera diketahui.
Sementara itu, Wakil Dirut PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Hudaya Arryanto saat ditemui di Purwakarta mengatakan, pihaknya selaku pengelola Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) telah menyiapkan sejumlah skenario untuk mengantisipasi kemacetan pada saat musim mudik lebaran tahun ini. "Sekarang kami diberlakukan integrasi sistem pembayaran tol pada jalan tol Cipali dan jalan tol Jakarta-Cikampek serta Jalan tol Cipularang-Padaleunyi (Purbaleunyi). Yang nantinya kendaraan pemudik tidak ada lagi transaksi di Gerbang Tol Cikopo," jelasnya.(gan)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template