Program Daur Ulang Sampah, Pemda Disarankan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Program Daur Ulang Sampah, Pemda Disarankan

Program Daur Ulang Sampah, Pemda Disarankan

Written By Mang Raka on Sabtu, 11 Juni 2016 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Seandainya pemerintah mampu menyediakan sarana untuk masyarakat membuang sampah, tidak akan ada sampah liar yang tertumpuk di TPS-TPS liar. Terutama masyarakat yang bermukim di bantaran irigasi, mereka tidak akan membuang sampahnya ke irigasi.

Hal itu diungkapkan pemerhati kebijakan Pew Tea, melalui surat elektroniknya, belum lama ini. Pemerintah Daerah, dikatakan belum peka terhadap masalah sampah. Padahal, sampah merupakan masalah besar yang terjadi hampir semua kota, termasuk Karawang. Karenanya patut mendapat perhatian serius pemerintah daerah bersangkutan. "Sebetulnya tinggal pelaksanaannya saja. Perangkat hukum larangan buang sampah sembarangannya kan sudah ada. Tidak mengimplementasikannya saja," ucapnya.
Hanya saja, lanjut Pew, memang mesti disosialisasikan lagi dan bila dilakukan secara terus menerus, dia optimis akan mampu mengetuk hati masyarakat guna menumbuhkan kesadaran untuk tidak membuat sampah sembarang. Cuma untuk itu perlu dukungan penuh pemerintah. "Keterlibatan secara langsung pemerintah daerah besar peranannya, terutama menyediakan tong-tong sampah dititik-titik rawan sampah," terangnya.
Masih ditambahkannya, sosialisasi yang dilakukan pun idealnya harus diikuti dengan tindakan nyata berupa solusi penyediaan tempat sampah. Jadi bukan masyarakat tidak mengerti tapi pemerintah yang memang tidak mampu menyediakan sarana tempat buang sampah. "Aneh, kalau dipikir, dengan APBD yang besar masakan pemkab karawang tidak bisa membuat inovasi mengenai permasalahan sampah," tandasnya.
Hal senada diungkap pemerhati lingkungan, Dian Varima. Dia sependapat jika pemerintah berperan penting mengentaskan masalah sampah. Terutama mengenai kebijakan-kebijakan terkait masalah sampah. "Kebijakan pemerintah tentang daur ulang sampah perlu diterapkan. Kebijakan ini merupakan program dengan peraturan ketat, mewajibkan masyarakat melakukan daur ulang sampah tanpa terkecuali," ucapnya.
Kegiatan itu sendiri, terang Dian, idealnya turut melibatkan pihak swasta yang berlisensi untuk melakukan pengumpulan sampah layak daur ulang ke tiap rumah masyarakat.
Hanya saja yang perlu diingatkan setiap kemajuan dalam daur ulang akan cepat hilang apabila masih tetap merajalelanya sampah. Oleh karena itu kunci keberhasilan pengelolaan sampah adalah bagaimana mengurangi sampah pada sumbernya.
Untuk itu pemerintah bekerjasama dengan berbagai industri dalam mengurangi sampah sisa produksi. Begitupun dengan bekerjasama dengan produsen makanan dan minuman untuk mengurangi kemasan ataupun mengurangi ukuran kemasan menjadi lebih kecil  serta dapat didaur ulang. "Pemerintah juga melakukan kampanye setiap bulan pada Rabu minggu pertama kepada masyarakat untuk membawa tas daur ulang saat berbelanja, dan menggunakan lebih sedikit kantong plastik dalam setiap belanjaan," katanya. (ari)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template