Prestasi Siswa Luar Karawang tak Diakui - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Prestasi Siswa Luar Karawang tak Diakui

Prestasi Siswa Luar Karawang tak Diakui

Written By Mang Raka on Selasa, 28 Juni 2016 | 17.40.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Memiliki segudang prestasi ternyata tidak bisa membuat siswa yang berdomisili di luar Kabupaten Karawang, bisa mulus diterima di sekolah negeri di Kota Pangkal Perjuangan ini.
Pasalnya, dalam aturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online disebutkan jika siswa luar Karawang, hanya boleh mendaftar lewat jalur luar kabupaten. Artinya prestasi siswa tersebut tidak diakui sama sekali.
Kepala SMPN 1 Cilamaya Ahmad Fadloli S.Pd mengatakan, jatah 2 persen untuk siswa luar Karawang sesuai peraturan bupati tidak bisa diintervensi, meski sekolah berlokasi di wilayah perbatasan sekalipun. Jika jumlah pendaftar luar kabupaten lebih dari 2 persen dari total kuota yang sudah ditetapkan, maka calon siswa digugurkan. Sebaliknya jika jatah 2 persen memang tidak terpenuhi, calon siswa masih ada peluang dijalur lainnya seperti akademik. Yang jelas, jalur luar kabupaten untuk siswa yang berdomisili di luar Karawang, dibuktikan oleh Kartu Keluarga (KK). Meski siswa lulusan SD di Karawang misalnya, tetapi alamatnya masih di luar Karawang seperti Subang, maka harus mendaftar lewat jalur luar kabupaten. "Tidak ada pengecualian meskipun di perbatasan. Jatahnya tetap 2 persen dari total 560 siswa, atau 14 rombel yang dibutuhkan sekolah kami," ujarnya kepada Radar Karawang, Senin (27/6) kemarin.
Selain jalur luar kabupaten, pendaftaran hari pertama PPDB online untuk SMP/MTs juga bersamaan dengan pendaftaran jalur prestasi. Namun, pengakuan prestasi itu juga dikhususkan bagi siswa asli Karawang. Berbeda dengan siswa luar Karawang, sekalipun menyandang atlet nasional dengan segudang prestasi, tidak akan diterima jika masuk jalur prestasi. Aturan ini memang saklek, karena di tiga tahapan jalur penyaringan siswa baru, siswa asli Karawang jatahnya paling utama yaitu 98 persen. Sementara sisanya 2 persen hanya untuk siswa luar kabupaten. "Kita juga siap fasilitasi lulusan SMP pendaftarannya ke SMA di berbagai jalur. Tapi khusus luar kota, kita serahkan ke siswa," ungkapnya.
Senada diungkapkan Kabid Dikdas Disdikpora Karawang Cecep Mulyawan, meski sekolah berlokasi dekat dengan perbatasan luar Karawang, jatah siswa luar Karawang tetap 2 persen. Begitupun siswa luar kabupaten yang memiliki segudang prestasi, dilarang mendaftar dengan jalur prestasi.  "Banyak sih saran soal perbatasan itu. Utamanya soal jatah dan prestasi luar Karawang. Tapi perbup ya harus diatur begini, harus diterima orang luar Karawang," tandasnya di sela kegiatan lomba sinergitas di Kecamatan Lemahabang. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template