PPDB Online Lagi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » PPDB Online Lagi

PPDB Online Lagi

Written By Mang Raka on Rabu, 01 Juni 2016 | 22.27.00

KARAWANG, RAKA - Setiap tahun menjadi bulan-bulanan berbagai pihak yang ingin mendapatkan kursi secara ilegal, tidak membuat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang menghentikan penerimaan peserta didik baru (PPDB) online.
Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdikpora Drs Nandang Mulyana beralasan, PPDB online lebih transparan, akuntabel dan tidak diskriminatif. "Ini cara yang paling adil. Meski memang belum bisa 100 persen, tapi saya yakin kedepan PPDB online ini akan berjalan normal," katanya kepada Radar Karawang, Selasa (31/5) kemarin.
Ia melanjutkan, alasan lain PPDB online tetap dilaksanakan agar masyarakat tidak berjubel memaksakan diri, untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah negeri. Karena sekolah negeri dan swasta saat ini sama-sama dibiayai oleh pemerintah. "Kita ingin merubah imej masyarakat yang terlalu negeri minded," katanya.
Melihat jumlah lulusan SMP dan Mts di Kabupaten Karawang, Nandang yakin semua peserta didik bisa ditampung. Saat ini ada 93 SMA/SMK negeri dan swasta. Ditambah 15 sekolah swasta baru. Sementara kuota satu rombongan belajar maksimal 40 orang. "Tahun kemarin saja sekitar 25 ribu peserta didik. Tahun ini pasti bertambah," ujarnya.
Rencananya, kata Nandang, PPDB online SMA/SMK negeri akan dimulai tanggal 17-24 Juni. Sedangkan SD dan SMP tanggal 27 Juni-3 Juli. Sedangkan sistem dan persyaratannya sama seperti tahun kemarin. "Hari ini (kemarin) masih rapat internal dengan beberapa pihak sekolah, terkait rencana penerapan PPDB Online," terangnya.
Pengamat pendidikan Indra Charisniadji mengatakan, sekolah swasta harus lebih memperhatikan soal mutu dan kualitas pendidikan. salah satunya dengan program ekstrakurikuler. Pasalnya, program ini sudah lazim ditinggalkan khususnya oleh sekolah negeri. Dengan alasan tidak tersedianya anggaran. “Kalau negeri tidak ada eskul, swasta bisa bersaing melalui program eskul misalnya pecinta alam, marching band. Jelas program itu stategis untuk membentuk karakter dan menyalurkan bakat peserta didik,” jelasnya. (dri/yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template