PPDB Online Diawasi Ombudsman - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » PPDB Online Diawasi Ombudsman

PPDB Online Diawasi Ombudsman

Written By Mang Raka on Selasa, 14 Juni 2016 | 20.38.00

KARAWANG, RAKA - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online yang digelar Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang, tahun ini bakal diawasi Ombudsman Republik Indonesia.
Karawang sendiri, merupakan satu dari 9 daerah yang pelaksanaan penerimaan peserta didik barunya yang diawasi langsung oleh Ombudsman. Kepala Disdikpora Karawang Dadan Sugardan menguraikan, saat ini ada komitmen bersama untuk meningkatkan pelayanan publik, dengan melibatkan Ombudsman RI agar tidak terjadi maladmistrasi. “Karawang termasuk 9 kota atau kabupaten yang diawasi Ombudsman RI. Ini untuk memastikan penerimaan siswa di Karawang berjalan sesuai relnya,” katanya pada acara sosialisasi PPDB Online di gedung PGRI Karawang, Senin (13/6).
Dia melanjutkan, seluruh sekolah sudah siap menjalankan PPDB online yang akan dimulai 17 Juni untuk tingkat SMA/SMK. "Harus lebih baik dibanding tahun lalu, apalagi saat ini Ombudsman ikut mengawasi," terangnya.
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, sosialisasi PPDB online sebenarnya sudah cukup dari tahun ke tahun, tapi yang sangat penting menyosialisasikan pada pihak ketiga. Dalam hal ini media, LSM, lembaga, orangtua dan juga elemen lainnnya yang memiliki kaitan dengan PPDB online. "Sosialisasi yang terpenting bagaimana semua pihak bisa menahan diri untuk tidak memaksakan. Dimana jika tidak bisa atau sesuai dengan aturan, harus menyadari untuk tidak memaksakan," ungkapnya.
Ombudsman merupakan lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan, termasuk yang diselenggarakan oleh BUMN, BUMD, Badan Hukum Milik Negara serta badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari APBN atau APBD. (dri)

Kisruh PPDB Onlie dari Tahun ke Tahun

Tahun 2013
11 Juni
PPDB online resmi dilaksanakan di Kabupaten Karawang.

9 Juli
Ratusan guru demo DPRD karena mendapat tekanan dan paksaan dari sekelompok orang agar siswa titipannya bisa diterima masuk sekolah negeri. Para guru mengancam akan mogok mengajar jika siswa titipan tersebut diterima panitia PPDB online.

Tahun 2014

8 Agustus
Disdikpora yang saat itu dipimpin oleh Agus Supriatman, ditekan habis-habisan oleh sekelompok orang yang memaksa memasukan anak didik ke sekolah negeri.
Saat itu, kepala Disdikpora sempat disandera oleh massa di SMKN 1 Karawang.

27 Agustus
Pemkab Karawang tiba-tiba membuka unit sekolah baru SMAN 6 Karawang dan SMAN 3 Cikampek, untuk mengakomodir 'siswa titipan'.


Tahun 2015
8 Juli
Oknum anggota dewan ngamuk dan memarahi Ketua PPDB online Nandang Mulyana, karena siswa titipannya yang gagal dalam PPDB online ditolak masuk ke SMAN 1 Karawang.


30 Juli
Ratusan siswa yang gagal lewat PPDB online, akhirnya tetap bisa bersekolah di sekolah negeri, setelah Disdikpora menyerah karena mendapat tekanan dari sekelompok orang.

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template