Pospol di Jalan Baru Fungsikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pospol di Jalan Baru Fungsikan

Pospol di Jalan Baru Fungsikan

Written By Mang Raka on Kamis, 02 Juni 2016 | 14.00.00

*Penertiban Parkir Liar Tidak Efektif

KARAWANG, RAKA - Kendati belum diusulkan, namun saran agar bupati meminta secara langsung kepada Kepolres agar memfungsikan dua pos polisi (pospol) di sepanjang Jalan Lingkar Timur (Jalan Baru) dinilai langkah paling tepat. Itu jika Pemerintah Karawang serius membersihkan sepanjang jalan itu dari aksi parkir liar bus dan truk, baik siang maupun malam hari di jalan itu.

Keberadaan pos-pos polisi ini (tiga dengan pospol besarnya di pertigaan lampu merah Klari, red) dianggap efektif menjadi shock teraphi kepada pengemudi truk dan bus yang berniat mangkal disepanjang jalan tersebut. Terlebih setelah menyaksikan mobil-mobil patroli polisi dan pospol yang beroperasi lengkap dengan petugasnya yang berjaga.
Saran itu mengemuka menyusul upaya petugas untuk menertibkan parkir liar kendaraan besar di bahu jalan di sepanjang jalan raya Interchange Karawang Barat, dan Jalan Lingkar Timur atau Jalan Baru arah Tanjungpura-Klari tidak efeltif. Buktinya, hingga kini masih banyak kendaraan besar yang tetap mangkal di tempat tersebut pada malam hari. "Sebelumnya kendaran besar yang parkir di pinggir Jalan Baru Tanjungpura-Klari, sudah di tertibkan oleh petugas Polisi dan juga petugas Dishub beberapa waktu lalu, bahkan ditindak dengan cara ditilang dan digembosi ban kendaraannya. Tapi anehnya para sopir mobil besar itu tidak menggubrisnya malah saat ini kendaraan besar itu kembali marak," kata Ruswandi, warga Desa Margasari, kecamatan Karawang Timur, kemarin.
Maraknya kembali kendaraan-kendaraan besar seperti bus angkutan karyawan dan truk yang memarkirkan kendaraannya di bahu jalan di dua jalur tersebut sangat mengganggu kelancaran arus lalulintas. Masyarakat sekitar menilai, salah satu penyebab kemacetan dan kecelakaan lalulintas akibat banyaknya kendaraan besar yang parkir di bahu jalan tersebut. “Pandangan pengendara yang melintas di jalan tersebut terhalang oleh banyaknya kendaraan besar. Sudah sempit akibat dipakai parkir liar mobil besar, sudah gitu minim juga penerangannya," katanya.
Sumardi (40) warga Perum Karaba menyebutkan, keberadaan parkir liar sejumlah kendaraan besar yang ada di sepanjang jalan raya Interchange Karawang Barat sudah menjadi pemandangan setiap harinya. Bahkan saat ini keberadaan mobil besar di jalan tersebut jumlahnya kian banyak. "Jelas saat ini di pinggir Jalan Interchange Karbar kembali dipakai kendaraan besar untuk parkir, sehingga mempersempit badan jalan, dan tak jarang menimbulkan kemacetan," ujarnya.
Sementara saat di konfirmasi terkait kembali maraknya mobil besar yang parkir di bukan tempat peruntukannya, Kasi Dalops Dishubkominfo Kabupaten Karawang, Nanang Nugraha mengakui hal itu sudah ditertibkan  dengan cara menggembosi kendaraan yang parkir di sembarang tempat dan sang sopir mendapat tilang di tempat oleh petugas Satlantas. "Saat kegiatan Operasi kemarin di berbagai tempat untuk menertibkan parkir liar, sudah kami berikan tindakan tegas kepada para sopir, bahkan kami juga langsung mengeluarkan surat edaran kepada para sopir dan juga para pengusaha kendaraan ekspedisi untuk tidak memarkirkan kendaraan di sepanjang jalan interchange Karawang Barat jalan Baru Tanjungpra-Klari, kalaupun saat ini kembali banyak mobil besar yang parkir di bahu jalan tentunya kami akan tindak kembali," ujar Nanang.
Sementara Kepala Bagian Operasional (KBO) Satlantas Polres Karawang IPDA Siti Barkah, menambahkan, pihaknya saat ini memang telah mengetahui adanya parkir liar mobil besar yang memakan badan jalan di sepanjalng interchange Karawang Barat dan jalan baru Tanjungpura-Klari. Meskipun sejumlah penindakan keras seperti tilang telah dilakukan belum lama ini saat melakukan operasi penertiban parkir liar di sepanjang ruas jalan. "Pasti akan kembali kami tindak, bila perlu akan kami berikan penilangan dan akan menegur sopirnya," tegasnya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template