Petani tak Berani Tanam Varietas Lain - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani tak Berani Tanam Varietas Lain

Petani tak Berani Tanam Varietas Lain

Written By Mang Raka on Jumat, 03 Juni 2016 | 13.30.00

-Mekongga, Ciherang dan Muncul Masih Andalan

JATISARI, RAKA - Pemerintahan melalui Dinas Pertanian telah menyalurkan bantuan traktor kepada para Gapoktan di Kecamatan Jatisari. Sekitar 7 unit mesin Traktor telah dialokasi dengan harapan bantuan tersebut membuat mereka semangat untuk meningkatkan produksi padi.
"Gapoktan yang menerima bantuan mesin traktor tersebut diantaranya di Desa Balonggandu 1 unit, Kalijati 1 unit, Situdam 1 unit, Jatiwangi 1 unit, Sukamekar 1 unit dan Jatiragas 1 unit," ujar Kepala UPTD Pertanian Jatisari Targono kepada RAKA, Kamis(2/6).
Menurutnya, petani yang tergabung di Gapoktan harus benar-benar memanfaatkan bantuan alat penggembur atau pembajak sawah. Sehingga kedepannya tak perlu lagi menyewa mesin traktor menjelang musim tanam padi. "Bagi para gapoktan yang belum mendapat bantuan mesin traktor dari pemerintah, diminta untuk bersabar, karena akan dilakukan terus secara bertahap," ujarnya.
Dia menyampaikan, para petani yang tergabung dalam gapoktan di setiap desa agar terus semangat berproduksi menanam berbagai varietas padi.  "Petani Jatisari belum banyak beralih ke jenis varietas padi lain. Hampir tiap musim tanam masih menanam bibit atau varietas padi yang sudah dirasakan hasilnya Seperti biasa, yaitu varietas Mekongga, Ciherang dan Muncul," ucapnya.
Lebih lanjut Targono menyampaikan jika ada penyuluhan untuk kepentingan para petani dalam meningkat produksi tanam. Diharapkan para petani yang tergabung di Gapoktan untuk mengikuti penyuluhan pertanian. "Sangat bermanfaat penyuluhan pertanian,supaya para petani dapat menambah ilmu tentang menggenjot produksi padi. Dan mengenal jenis hama tanaman padi  yang dijelaskan oleh para petugas PPL pertanian," paparnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template