Petani Mencemaskan Hama Blast - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Mencemaskan Hama Blast

Petani Mencemaskan Hama Blast

Written By Mang Raka on Rabu, 29 Juni 2016 | 12.00.00

TEGALWARU, RAKA - Dinas Pertanian Kehutanan Perkebunan dan Peternakan (Distanhutbunak) melalui Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT) menggelar sosialisasi tentang pengamatan hama tanaman. Kegiatan berlangsung di Kantor Desa Cipurwasari, Selasa (28/6).

Kepala BBPOPT Kabupaten Karawang, Ir.Baskoro Sugeng Wibowo, terkait itu mengatakan, pertanian akan berkembang dan mendapatkan hasil jika pengetahuan tentang pertanian yang dimiliki petani juga cukup. Melalui sosialisasi ini petani mendapatkan pengetahuan lebih tentang mensiasati hama agar tidak banyak merugikan dalam pengembangan tanaman dan hasilnya.
“Diharapkan melalui sosialisasi dengan kupasan serta antisipasinya mungkin akan mendapatkan hasil yang lebih agar petani lebih menyikapi masalah hama itu dengan baik dan tepat. Jangan sampai tidak mengetahui secara jelas dan gamblang bagaimana antisipasi dan penanganan hama, agar tidak merugikan petani secara komperehensif," paparnya.
Hal sama pun dijelaskan Kepala BP3K Distanhutbunnak Kecamatan Tegalwaru, H.Lulu Jamaludin,SP, melalui teknologi pengamatan peramalan dan pengendalian hama diharapkan para petani bisa mendapatkan hasil yang baik lagi ke depannya. Dirinya pun akan berupaya agar bisa kupas tuntas permasalahan hama dan pengendaliannya. “Sekarang yang perlu disikapi petani adalah kembali menyikapi tentang pengendalian hama agar tidak banyak merugikan para petani. Memang saat ini petani hanya mengandalkan apa yang sudah sering dipergunakan secara regular. Maka dengan adanya sosialisasi dari BBPOPT ke depannya petani bisa mengetahui jenis hama dan pengendalian serta penumpasannya," tandasnya.
Secara terpisah, petani Desa Cintalaksana, Ustad Abas menyampaikan, saat ini kendala yang terbesar di bidang pertanian yang sulit dikendalikan adalah hama blast atau penyakit buah palsu. Memang beberapa kategori blast pun sudah banyak diketahui oleh para petani diantaranya. Seperti blas daun, blas leher malai, maka dengan adanya sosialiasasi dengan datangnya dari dinas akan menambah pengetahuan lebih tentang pengendalian di masa yang akan datang. “Saya sangat antusias sekali dengan pengetahuan lebih tentang pengendalian hama tersebut, dan saya yakin ke depannya pasti kami akan mendapatkan hasil panen terbaik," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template