Petani Digenjot Produksi Beras 10 Juta Ton - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Digenjot Produksi Beras 10 Juta Ton

Petani Digenjot Produksi Beras 10 Juta Ton

Written By Mang Raka on Jumat, 17 Juni 2016 | 12.00.00

TEGALWARU, RAKA - Petani di Karawang digenjot untuk memproduksi beras 10 juta ton selama 2016 ini. Untuk itu, saat ini tengah dilakukan optimalisasi lahan dengan menggunakan pola tanam jajar legowo. Diharapkan melalui pola itu panen bisa maksimal hingga mencapai target yang diinginkan.

Dalam mensukseskan program pemerintah bahwa tahun 2016 harus surplus beras 10 juta ton petani kini harus meningkatkan produktifitas padinya. Sedangkan lahan produktif semakin hari semakin berkurang. Dengan kondisi itu maka Dinas Perkebunan, Pertanian Kehutanan (Distanhutbunak) Kabupaten Karawang bekerjasama dengan UPT Distanhutbunnak Kecamatan, melalukan inovasi penanaman dengan memperbanyak tanaman yang posisinya dipinggir lahan pertanian.
Konsep tanam padi seperti ini memunculkan teknologi penanaman yang dapat membikin semua tanaman yang ada dilahan menjadi tanaman pinggir, teknologi tersebut yaitu teknologi dengan sistem penanaman jajar legowo. Seperti diutarakan Kepala BP3K Distanhutbunnak Kecamatan Tegalwaru, H.Lulu Kamaludin SP, penanaman padi dengan sistem jajar legowo ternyata dapat meningkatkan produktifitas padi. "Cara tanam padi jajar legowo merupakan salah satu teknik penanaman padi yang dapat menghasilkan produksi yang cukup tinggi," ucap Kamaludin.
Selain itu, lanjut Kamaludin, pola ini juga memberikan kemudahan dalam aplikasi pupuk dan pengendalian organisme pengganggu tanaman, sistem tanam jajar legowo juga merupakan suatu upaya memanipulasi lokasi pertanaman sehingga pertanaman akan memiliki jumlah tanaman pingir yang lebih banyak dengan adanya barisan kosong. Selain itu sistem tanam jajar legowo juga meningkatkan jumlah populasi tanaman dengan pengaturan jarak tanam. Adapun jumlah peningkatan populasi tanaman dengan penerapan sistem tanam jajar legowo ini dapat kita ketahui dengan rumus : 100 % X 1 /(1 + jumlah legowo).
Demikian dengan Sarjawi (44) petani asal Kampung Tengah Wargasetra menyampaikan, dirinya kini mulai menekuni tanam padi jajar legowo, bahkan tanam di bulan sebelumnya justru malah bisa meningkatkan hasil panen yang ada. "Justru dengan jajar legowo malah bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Bahkan sekarang pun harapan saya kepada sisten tanam jajar legowo sungguh di harapkan apalagi nanti saat masuki beberapa waktu sebelum lebaran," imbuhnya.
Diaminkan, H.Soma (54) kuantitas sistem tanam padi Jajar legowo malah lebih baik hanya memang dibutuhkan ketelatenan yang maksimal dan sepertinya bukan hanya saat ini saja diharapkan ke depannya pun para petani mulai berharap ke sistem tanam padi itu. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template