Perdalam Kitab Kuning - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perdalam Kitab Kuning

Perdalam Kitab Kuning

Written By Mang Raka on Jumat, 24 Juni 2016 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA – Banyak sumber-sumber bacaan tentang keislaman, mulai dari yang klasik sampai modern. Salah satunya adalah kitab kuning. Kitab klasik yang banyak ditulis ulama-ulama terdahulu ini, banyak dikaji di pondok-pondok pesantren, salah satunya adalah Pondok Pesantren Nihayatul Amal Rawamerta.
Pengasuh Pondok Pesantren Nihayatul Amal Rawamerta H Bubun Bunyamin menyampaikan, seharusnya memang sudah kewajiban bagi semua umat untuk percaya kepada setiap kitab-kitab Allah. Oleh sebab itu, hampir setiap harinya para santri diwajibkan untuk belajar tentang keislaman melalui kitab kuning dan dimulai dari yang dasar. “Ketika ingin belajar tentang agama tauhid, maka pelajarilah kitab-kitabnya sesuai dengan perintah tuhan terhadap umatnya iqra atau baca,” katanya.
Bagi dia, setiap pesan yang disampaikan dalam kitab-kitabnya merupakan kebenaran, maka setiap umat harus bisa menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. Karena ketaqwaan sesorang terhadap tuhannya terlihat dari sejauhmana mereka mampu menjalankan perintah tuhannya. “Baca dan pelajarilah kitab-kitabnya,” pesannya.
Dengan bulan yang penuh berkah ini, lanjut dia, maka tak heran jika para santri banyak meluangkan kegiatan untuk belajar kitab dan ketika kelak lulus nanti, dia berharap agar mereka mampu menjadi contoh teladan bagi masyarakat dilingkungannya. “Semoga apa yang mereka dapat di pondok ini bisa mereka amalpula kepada masyarakat dan menjadi teladan yang baik,” pungkasnya.(yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template