Perbanyak Program Pendidikan Berbasis Usaha - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perbanyak Program Pendidikan Berbasis Usaha

Perbanyak Program Pendidikan Berbasis Usaha

Written By Mang Raka on Jumat, 03 Juni 2016 | 13.00.00

MAJALAYA, RAKA - Pihak sekolah harus mampu mendorong dinas terkait agar memberikan pelatihan kewirausahaan secara berkelanjutan. Hal itu bisa dilakukan, salah satunya melalui pengembangan usaha koperasi sekolah.

Hal itu diungkapkan Siti Aisyah, Ketua OSIS SMK Indonesia Mas 2 Karawang, baru-baru ini. Menurut dia pendidikan berbasis wirausaha juga perlu diterapkan sebagai program belajar mengajar. Jenis pendidikan ini bukan saja sebagai solusi pengurangan jumlah pengangguran yang terus bertambah setiap tahun. Tetapi juga upuya membuka peluang kerja selepas sekolah. "Kita ingin OSIS dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan, dan itu akan lebih memudahkan jika mulai di bangku sekolah," ucap Aisyah.
Aisyah menuturkan, para siswa yang sudah belajar kewirausahaan, harus langsung diterapkan agar semua dapat berkembang pesat. Banyak para lulusan siswa yang langsung ke dunia kerja, harus diimbangi dengan pembentukan kewirausahaan. Para siswa yang sudah berwirausaha sejak dini, akan mampu membantu ekonomi orang tua. "Seminar kewirausahaan harus dibentuk, agar semua lulus sekolah langsung memiliki usaha sendiri," tuturnya.
Hal senanda diungkapkan Sofyan, warga Desa Bengle. Pemerintah Kabupaten Karawang harus memberikan pendidikan kewirausahaan untuk mengurangi angka kemiskinan. Sektor wirausaha akan menyerap banyak tenaga kerja, ditambah dengan meningkatkan pemberdayaan masyarakat. "Pendidikan dan pelatihan (diklat) tentang kewirausahaan merupakan hal penting bagi pengembangan sumber daya manusia (SDM) masyarakat. Sayangnya kebutuhan itu sampai sekarang masih dirasa amat minim," ungkapnya.
Itulah sebabnya, lanjut dia, pemerintah daerah diminta serius merealiasikan kebutuhan tersebut. Jika program diklat ini dijalankan, dia optimis akan amat berguna bagi generasi muda untuk menjadi generasi yang mandiri. Pengembangan wirausaha akan menciptakan serta  mengembangkan  kesempatan kerja masyarakat sekitar. Dan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengembangkan wirausaha dengan memberikan dana bantuan stimulan, dibarengi pendampingan usaha dari dinas terkait. Sementara itu, pendidikan kewirausahaan harus dilakukan secara berkala, dengan mengembangkan potensi desa.
Dia melanjutkan, pemerintah desa harus melakukan perekrutan SDM masyarakat, sehingga siap memajukan desa dengan baik. Sebenarnya potensi desa dapat dikembangkan, dengan masyarakat yang siap membangun desa secara bersama. "Masyarakat harus berperan aktif dengan ikut melakukan pelatihan, sehingga kesejahteraan masyarakat semakin meningkat," jelas Sofyan. (ari)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template