Pengelola Hutan Calingcing Siapkan Wahana Sungai - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pengelola Hutan Calingcing Siapkan Wahana Sungai

Pengelola Hutan Calingcing Siapkan Wahana Sungai

Written By Mang Raka on Jumat, 03 Juni 2016 | 15.00.00

TEGALWALRU, RAKA - Wisatawan selama ini hanya akrab dengan objek wisata Tebing Cinta atau Camping Ground Leuwueng Calingcing saja. Akan tetapi ada satu wahana lagi yang mungkin akan jadi destinasi wisata baru yang ada di ekowisata leuweung calingcing di Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru, yakni wahana sungai leuweung calingcing, yang dikenal keindahan panoramanya.
Sungai yang membentang kurang lebih 1 kilometer ini dimanfaatkan pengelola ekowisata leuweung calingcing sebagai destinasi wahana sungai yang disandingkan dengan keindahan alam sekitar dan burung - burung yang seakan akan ikut berinteraksi dengan para wisatawan. Seperti diungkapkan pengelola wisata disana, Robix (24), kemarin, wahana sungai ini akan menjadi desitinasi wisata yang mengasyikan dengan pemandangan alam sekitar masih alami. "Saat ini pengembangan masih kita lakukan, akan tetapi wahana sungai ini sudah bisa digunakan sebagai destinasi wisata pendukung, yang merupakan akses lintasan menuju curug cikoleangkak yang merupakan salah satu ikon ekowisata leuweung calingcing," ungkapnya.
Diakui Aditya (27) pengunjung yang hampir setiap minggu berkunjung ke ekowisata leuweung calingcing. Wahana sungai ini sangat menarik dan akan menjadi salah satu wisata yang menjadi tujuan wisata unggulan di kabupaten Karawang, khususnya Desa Cintalaksana. "Wahana sungai yang ada di kawasan ekowisata leuweung calingcing ini akan menjadi favorit wisata yang tidak kalah menariknya dengan wahana sungai yang ada di daerah lain," ungkapnya.
Ditambahankan Rinto (26) pengunjung wisata disana, wahana sungai ini sangat menarik karena melintasi tiga curug curug kecil seperti curug seeng, cihandelem dan curug cangkir sebelum sampai ke curug utama, yaitu curug cikoleangkap. "Saat ini mungkin masih belum terlalu baik infrasuktur jalannya, akan tetapi akses menuju wahana sungai itu sendiri sudah cukup baik dan layak untuk dilintasi. Tetapi disarankan agar kita selalu pempersiapkan fisik karena kita harus berjalan kaki kurang lebih 30 menit agar sampai di tempat tujuan," ungkapnya.
Sementara itu, saat ini pengelola Hutan Calincing, tengah mempersiapkan sarana objek wisata sungai sepanjang air terjun Cikoleangkap hingga ke Curug Cipanunda. Hal itu dilakukan sebagai persiapan menghadapi lonjakan pengunjung selama lebaran mendatang. Makanya akses dan beberapa pembangunan objek wisata pun kini tengah dikebut pembangunannya. Hanya saja karena memang membutuhkan banyak biaya maka pelaksanaannyapun agak terkendala.
"Lumayan besar ini anggarannya, akan tetapi karena kita bersama bukan saja pengelola akan tetapi semua pihak termasuk Perum Perhutani sudah banyak memberikan kotribusi demi tercapainya pengelolaah hutan calincing secara maksimal. Mudah-mudahan pada waktunya nanti kami bisa membuka beberapa objek wisata unggulan agar pelancong bisa menikmati hutan Calincing dengan utuh," papar salah seorang pengelola Hutan Calingcing, Solihin.
Sedang Budi Darmawan (42), juga pengelola disana, menegaskan selain menjaga hutan yang menjadi topik penting juga mencoba memberikan edukasi bagi pelancong agar bisa menikmati hutan Kabupaten Karawang yang cukup memakau mata hati dan diharapkan bisa menjadi destinasi unggulan Karawang selatan. "Saya akan tetap pada pendirian saya menjaga hutan Karawang Selatan serta para pelancong yang datang bisa menikmatinya dengan bangga, akan indahnya hutan Karawang Selatan. Maka beberapa objek wisata seperti Sungai dan curug pun diharapkan bisa selesai sebelum lebaran nanti," ucapnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template