Pemkab Nyerah Soal Harga Sembako - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Pemkab Nyerah Soal Harga Sembako

Pemkab Nyerah Soal Harga Sembako

Written By Mang Raka on Jumat, 10 Juni 2016 | 21.05.00

Daging Sapi Rp 120 Ribu

KARAWANG, RAKA - Harga daging sapi setiap bulan Ramadan melonjak tajam. Pantauan di Pasar Johar, harga daging yang awalnya Rp 80 ribu per kilogram, naik jadi Rp 120 ribu per kg.
“Saya tidak jadi beli dan lebih memilih ayam saja yang harganya masih Rp 25 ribu,” kata warga Johar, Suningsih kepada Radar Karawang, Kamis (9/6).
Menurut Suningsih, naiknya sejumlah kebutuhan pokok membuatnya harus berpikir tujuh keliling, agar kebutuhan makan keluarga tetap sehat tapi murah. “Kita inginnya pemerintah adakan operasi pasar di Karawang,” ujarnya.
Seorang pedagang daging sapi di Pasar Johar, Ade Rahmat mengatakan, harga daging sapi sejak sepekan menjelang Ramadan sudah mengalami kenaikan. “Penyebabnya kita tidak tahu, karena di tingkat peternak sudah naik,” ungkapnya.
Sementara pedagang sembako, Icih mengatakan, sejak awal Ramadan sejumlah kebutuhan pokok dari mulai daging sampai telur mengalami kenaikan. Saat ini harga daging ayam Rp 25 ribu dari awalnya Rp 22 ribu per kg. Harga telur dari Rp 19 ribu per kg jadi Rp 23 ribu. Gula pasir dari Rp 14 ribu menjadi Rp 16 ribu per kg. Ikan mas harganya Rp 28 ribu per kg dari harga awal Rp 24 ribu. “Yang masih tetap itu harga beras Rp 7 ribu untuk kualitas sedang. Harga sayuran juga masih stabil,” pungkasnya.
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi (Disperindag Tamben) Kabupaten Karawang Hanafi mengakui tidak bisa berbuat banyak. Karena kondisi harga pokok di pasaran susah dikendalikan. "Kita tidak bisa berbuat apa-apa terkait harga kebutuhan pokok. Selama Ramadan ini terus meningkat," kata Hanafi.
Seharusnya kenaikan bahan pokok karena permintaan banyak, sedangkan stok sedikit. Tapi kata Hanafi, saat ini meski permintaan banyak, tapi jumlah stok barang juga banyak. "Operasi pasar bisa dilakukan. Tapi bukan untuk menekan harga pasar. Karena harga pasar susah dikendalikan," tuturnya. (dri)

Harga Daging dan Sayuran (per kilogram)

Daging sapi
Rp 120 ribu

Daging ayam
Rp 25 ribu

Telur
Rp 23 ribu

Gula pasir
Rp 16 ribu

Ikan mas
Rp 28 ribu

Cabai merah
Rp 30 ribu

Cabai rawit
Rp 24 ribu

Tomat
Rp 22 ribu

Bawang merah
Rp 32 ribu
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template