Pemilihan Direksi PDAM Tersendat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemilihan Direksi PDAM Tersendat

Pemilihan Direksi PDAM Tersendat

Written By Mang Raka on Rabu, 01 Juni 2016 | 13.00.00

*Personel Dewan Pengawas Kurang

KARAWANG, RAKA – Sebelum mempersiapkan pergantian direksi PDAM yang akan habis masa jabatannya, Pemkab Karawang akan segera melengkapi personel dewan pengawas PDAM. Selama ini dewan pengawas kehilangan satu personelnya setelah Iman Sumantri mengundurkan diri sebagai ketuanya karena mencalonkan wakil bupati Karawang saat Pilkada lalu.

Kepala Bagian Ekonomi Setda Karawang, Heri Heryadi, mengatakan itu, kemarin. “Kewenangan untuk menyeleksi calon direksi itu di dewan pengawas sebelum hasilnya diserahkan ke bupati. Masalahnya ketua dewan pengawas belum ada makanya prosesnya agak tersendat,” katanya.
Sesuai mekanisme kedudukan dewan pengawas, lanjut Heri, PDAM melakukan proses seleksi terhadap para calon direksi PDAM yang mendaftar. Dalam seleksi nanti juga akan melibatkan pihak konsultan dari perguruan tinggi. Kemudian hasil seleksi tersebut diserahkan kepada bupati untuk diputuskan siapa yang akan menjadi direksi. Itu diatur dalam Perda No.6 tahun 2010 ayat 11 tentang pengangkatan direksi PDAM.
Heri mengaku yang menjadi kendala untuk melakukan pergantian direksi karena dewan pengawas belum lengkap karena ketua yang lama, Iman Sumantri  mengundurkan diri. Oleh karena itu, sebelum melakukan penyeleksian calon direksi harus dilengkapi terlebih dahulu keanggotaan dewan pengawas. Sebab, kewenangan untuk memilih dewan pengawas  ada ditangan bupati yang akan memilih dewan pengawas. “Sebelum dewan pengawas lengkap kita tidak bisa melakukan seleksi calon direksi PDAM," katanya.
Menurut Heri sebelum dilakukan pemilihan direksi baru direksi yang lama juga harus mempertanggung jawabkan kinerjanya selama menjabat. Sedangkan terkait dengan SK Pjs direksi PDAM selama 6 bulan masih berlaku karena disebutkan dalam SK tersebut hingga terpilih direksi definitip. ”SK itu masih berlaku hingga sekarang sampai terpilih direksi definitive,” katanya.
Heri juga mengungkapkan, saat ini proses pertanggung jawaban direksi sudah disusun tim direksi PDAM yang bakal berakhir jabatannya. Pertanggung jawaban tersebut disampaikan di RUPS (rapat umum pemegang saham). “Setelah itu baru kita memilih direksi yang baru untuk mengganti pejabat yang lama. Pejabat yang lama masih bisa mengikuti proses seleksi jika mereka mendaftar kembali,” katanya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template