Pemda Diminta Pasang Papan Nama TPU - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemda Diminta Pasang Papan Nama TPU

Pemda Diminta Pasang Papan Nama TPU

Written By Mang Raka on Senin, 13 Juni 2016 | 15.00.00

TEGALWARU, RAKA - Warga Kampung Cipeuteuy Tonggoh, Desa Cintalaksana, berharap pemerintah daerah bisa membangun pagar pemakaman umum di daerah itu, agar penataan dan kebersihannya bisa terjaga. Selama ini pemakaman itu nampak kumuh dan nyaris tertutupi ilalang liar yang tumbuh disekitar makam.

Dijelaskan, memang pemakaman tersebut belum tersentuh pembangunan sama sekali selain tidak ada papan nama untuk menandakan bahwa sekitar area merupakan Tempat Pemakaman Umum (TPU). Disamping itu, TPU pun membutuhkan membutuhkan pula penerangan jalan sehingga tidak terlihat gelap gulita malam hari. Sehingga warga tidak kesulitan jika melakukan pemakaman malam hari.
"Kasihan kalau ada pemakaman malam hari. Kalau hujan deras penerangan tidak ada maka kesulitan warga semakin bertambah. Pagar pun memang sangat dibutuhkan agar pemakaman bisa tertata dan rapi serta warga tahu batas-batas makamnya," ungkap Ujang Pudoli (50), warga yang tinggal tidak jauh dari TPU tersebut, kemarin (12/6).
Sementara warga lainnya Ali (56) mengatakan, alasan perlunya dilakukan pemasangan papan nama, selain sebagai pemberitahuan bahwa lokasi merupakan pemakaman untuk umum. "Idealnya kan pemakaman bisa diketahui oleh khalayak dan bisa merupakan lahan wakaf yang peruntukannya bukan untuk warga sekitar saja. Kalau memang ada tamu yang bukan menjadi warga pribumi meninggal dunia pun bisa dimakamkan ditempat tersebut," ujar Ali seraya menambahkan peran papan nama sebagai sarana informasi.
Secara terpisah, Amar (43), menegaskan selain jalan menanjak ke akses pemakaman warga juga dirasakan kerepotan karena kondisi makam yang dipenuhi semak belukar. Selama ini pemakaman belum dialokasir. "Usia pemakaman ini sudah separuh abad tapi kondisinya sama sekali belum dibenahi," ucapnya seraya menambahkan jika ada pembangunan infrastrukturs seperti pagar dan penerang jalan, lanjut Amar, paling tidak warga bisa melakukan penataan. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template