Pejabat Lemahabang Tidak Kompak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pejabat Lemahabang Tidak Kompak

Pejabat Lemahabang Tidak Kompak

Written By Mang Raka on Sabtu, 04 Juni 2016 | 15.30.00

-Ramai-ramai Mangkir Jelang Lomba Tingkat Provinsi

LEMAHABANG, RAKA - Jadwal lomba sinergitas antarkecamatan tingkat Provinsi Jawa Barat terjawab sudah. Rencananya, lomba yang diwakilkan Kecamatan Lemahabang itu bakal digelar tak kurang dari 2 minggu lagi, yaitu 13 Juni mendatang. Sayangnya, waktu yang mepet itu tidak dimanfaatkan dengan baik oleh muspika kecamatan dalam persiapan lomba yang dipimpin langsung Asda 1, Rabu (3/4) kemarin. Sejumlah UPTD dan para kepala desa memilih mangkir dalam pembinaan teknis lomba se-Jabar tersebut.
Pembina teknis lomba sinergitas kecamatan Pemkab Karawang, Rustini mengatakan berdasarkan Kep Bupati No 141/Kep.534-Huk/2015 tentang hasil evaluasi sinergitas, Kecamatan Lemahabang terpilih sebagai kecamatan yang dianggap layak mewakili Karawang di tingkat Provinsi Jawa Barat.
Keputusan ini diukur setelah hasil lomba dengan 4 indikator penilaian di tahun 2015 lalu. Ia merinci seperti indikator kesejahteraan, yang mana mencakup pendidikan masyarakat, kesehatan , perekonomian masyarakat dan partisipasi masyarakat.
Dari hasil maksimal standar yang dipatok provinsi, kecamatan ini hanya memenuhi indikator pendidikan dan kesehatannya. Sementara perekonomian yang harus mencapai angka 12,5 persen, Lemahabang justru baru terpenuhi 6,50 persen. Begitupun di indikator partisipasi masyarakatnya. dari standar 12,5 persen, terpaut jauh karena realisasinya hanya 2,62 persen.
Disisi lain, diakuinya, dalam dua indikator ini semua pejabat dalam hal ini dipegang oleh kepala seksi sudah lebih dulu pensiun, yaitu kasi Ekonomi Pembangunan (Ekbang) dan kepala seksi Kesejahteraan Sosial (Kesos). Dalam rentang waktu yang sempit ini, ia berharap agar Sekretaris Camat (Sekcam) menghandel tugas-tugas agar semuanya sempurna. "Muspika harus berkoordinasi dengan pembina dari dinas terkait yang sudah kami tunjuk," ungkap pejabat bagian pemerintahan Umum Setda Karawang ini.
Tim Bimtek Pemkab bukan tanpa alasan menyebut soal rendahnya sejumlah capaian indikator yang dilombakan. Berdasarkan pantauan RAKA, untuk mempersiapkan lomba 10 hari kedepan, sejumlah muspika kecamatan malah tidak hadir untuk mempersiapkan lomba. Beberapa yang tidak nampak hadir antara lain, UPTD KB, UPTD PBB, Koramil, BP3K, Koperasi-Koperasi, PKK, 9 dari 11 Kades di Lemahabang dan UPK Gema Lembayung.
Camat Lemahabang H Hamdani S.Ip mengatakan lomba yang akan digelar 13 Juni ini, diharapkan bisa mendongkrak prestasi kecamatan yang ia pimpin. Ia mengaku masih banyak kekurangan yang mendera wilayahnya. Namun ia optimis dan memiliki harapan di bidang pendidikan. Banyaknya prestasi yang diraih PKBM di tingkat Jawa Barat setidaknya melambungkan harapan untuk dimenangkan. "Mohon kerjasama yang baik, lomba akan digelar tanggal 13 juni ini," tandas dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template