Pedagang Belum Tahu Petasan yang Dilarang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pedagang Belum Tahu Petasan yang Dilarang

Pedagang Belum Tahu Petasan yang Dilarang

Written By Mang Raka on Sabtu, 11 Juni 2016 | 13.30.00

PURWASARI, RAKA – Selama Ramadan Polsek Purwasari semakin mempergencarkan razia petasan. Kegiatan itu dilakukan sebagai bagian Operasi Giat Cipta Kondisi yang diarahkan kepada pemberantasan penyakit masyarakat (Pekat) selama bulan puasa ini.

"Giat Cipta Kondisi tidak hanya ditujukan kepada pemberantasan petasan tetapi juga minuman keras," tandas Kapolsek Purwasari, Ipda Muhammad Sulton, SH, kemarin. Dia
menambahkan, hasil giat operasi pekat selama ini dilakukan Polsek Purwasari berhasil mengamankan ratusan butir petasan korek saja dalam operasi yang digencarkan setiap sore hari tersebut. Itupun diperoleh setelah melakukan penyisiran ke sejumlah pedagang petasan di wilayah Kecamatan Purwasaari.
Ditambahkan Kapolsek, operasi terhadap pedagang petasan merupakan kewajiban jajaran aparat kepolisian di setiap polsek yang berada di wilayah Kabupaten Karawang. Hal ini memang ada instruksi dari Kapolres Karawang, untuk diwajibkan tiap polsek melakukan razia terhadap para pedagang petasan yang berada diwilayahnya masing-masing. “Kami menjalankan intruksi dari atasan untuk melakukan dan mewajibkan operasi terhadap para pedagang petasan untuk tidak menjual petasan yang saat ini sudah ada pelarangannya, seperti petasan korek dan jamboe,” terangnya.
Selain itu, sambung dia, operasi razia terhadap sejumlah pedagang petasan itupun, memang sengaja dilakukannya, ketika sore hari. Hal itu diperlukan mengingat tidak sedikit penjual petasan di bulan ramadan buka jelang sore hari. “Kebanyakan yang bukanya, pas sore, dan kalau dilakukan razia malam hari, kami sudah menjadwalkan waktu malam itu diperuntukan operasi minuman keras yang diperjual belikan para pedagang jamu yang ada disini,” paparnya.
Tampaknya, dia mengatakan, dalam operasi pedagang petasan berbahaya itu pun, diakuinya, tidak sedikit para pedagang petasan yang mengetahui kalau ada beberapa macam petasan yang sudah diberlakukan pelarangan tersebut. Hal ini pun diwajarkan Polsek Purwasari, ketika dilakukan operasi para pedagang terlihat terkejut dan tidak berkutik. “Ternyata para pedagang tidak tahu kalau ada beberapa petasan yang sudah dilarang untuk tidak diperjual belikan karena sudah memakan korban akibat bermain petasan. Jadi ada beberapa petasan yang tidak banyak jumlahnya, kami amankan,” katanya.
Sementara, lanjut dia, dalam operasi razia petasan yang dilakukan polsek Purwasari selama ini, hanya dapat mengamankan 450 butir petasan korek, yang  selama ini dilakukannya. Hal tersebut membuktikan kalau kondisi wilayahnya, terbilang kondusif dari peredaraan petasan yang berbahaya. Selain itu, mesti ketidaktahuan para pedagang terhadap petasan yang dilarang untuk tidak dijual belikan, dilakukan pemberian informasi petasan jenis apa saja yang dilarang untuk dijual nantinya. “Hasil razia selama ini dilakukan polsek Purwasari, hanya sedikit yang didapat. Itu tandanya pedagang sudah mulai patuh terhadap peraturan yang ada,” pungkasnya. (ian)

Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Di perumnas Teluk Jambe masih banyak anak2 yang main petasan, razianya sampai sini gak? Kalau ditegur anak2 itu malah sengaja lempar petasan ke arah yang negur. Gak ada sopan santunnya. Benar2 mengganggu ibadah dan waktu istirahat, main petasan dari sahur sampai taraweh, gak ada hentinya.

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template