Pantau Realisasi Dana Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pantau Realisasi Dana Desa

Pantau Realisasi Dana Desa

Written By Mang Raka on Kamis, 02 Juni 2016 | 15.00.00

PURWAKARTA, RAKA - Puluhan pendamping desa (PD) di Kabupaten Purwakarta, lebih fokus bekerja pada Juni 2016 ini. Pasalnya, sejumlah desa di kabupaten tersebut dilaporkan mulai mendapat kucuran dana yang digelontorkan langsung dari pemerintah pusat melalui Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi.
Anggaran yang diterima masing-masing desa bervariasi Rp 500 sampai Rp 600 juta. Saat ini, anggaran tersebut masih diprioritaskan bagi pembangunan fisik di desa. Syarat pencairannya mudah cukup dengan melampirkan dokumen RPJMDes, RKPDes dan APBDes. "Ya, awal Juni ini pendamping lebih fokus bekerja. Apalagi, awal Juni ini beberapa desa sudah mulai cair DD (Dana Desa)-nya," kata Arief Syahid Hidayatullah, Pendamping Desa Kabupaten Purwakarta, Rabu (1/6).
Menurut Arief, jumlah pendamping desa di Purwakarta mencapai hampir 20 orang. Mereka bertugas tersebar di 17 kecamatan. Kedua puluh orang tersebut merupakan hasil seleksi Pendamping Desa tahun 2015. "Mereka sudah bekerja sejak Maret 2016," ujar Arief.
Meski jumlah pendamping desa terbatas, kata Arief, pihaknya mengupayakan agar proses asistensi dan fasilitasi ke desa berjalan maksimal. Sehingga seluruh tahapan pembangunan di desa berjalan sesuai ketentuan. "Seluruh tahapan pembangunan desa wajib didampingi dan diawasi. Ini sudah amanat Undang-Undang," tandas Arief.
Awal Juni ini, tambah dia, Kementrian Desa PDT dan Transmigrasi merekrut kembali secara besar-besaran tenaga pendamping desa. Se-Indonesia jumlahnya mencapai ribuan orang. Targetnya, kedepan setiap desa memiliki satu orang pendamping. "Dana yang diterima desa kan setiap tahun bertambah. Harus dipastikan, anggaran ini terserap secara benar dan tepat," jelasnya. (awk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template