Pahlawan Jalan tak Berharap Bayaran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pahlawan Jalan tak Berharap Bayaran

Pahlawan Jalan tak Berharap Bayaran

Written By Mang Raka on Jumat, 03 Juni 2016 | 14.00.00

Rusadi Susuri Jalur Pedes-Pakis Menambal Jalan Berlubang

KUTAWALUYA, RAKA - Lubang menganga sepanjang jalan menggugah kesadaran masyarakat. Diantara mereka ada yang tanpa dibayar melakukan gerakan tambal sulam agar tak ada lagi orang celaka gara-gara jalan rusak. Mereka juga menyusuri setiap jengkal jalan untuk mengecek titik mana saja yang mengalami kerusakan.
Warga Dusun Gempol Rengasdengklok Rusadi (35) mengaku sudah menyusuri jalur Pedes hingga Pakisjaya untuk melihat kerusakan jalan. Bila ada yang rusak, ia akan segera menambalnya dengan arugan tanah. Seperti penambalan di Jalan Kanyere perbatasan dengan Kecamatan Pedes dan Kutawaluya Kamis (2/6).
Ia mengaku khawatir melihat kondisi jalan bila dilintasi pengendara usia dini yang kini marak terjadi. Tidak sedikit kalangan pelajar baik SMP hingga SMA se derajat menggunakan motor untuk keperluan sekolah. "Sekarang yang menggunakan motor bukan hanya wanita, dan pria dewasa. Tapi tingkat remaja pun sekarang sudah banyak, utamanya anak sekolah," katanya kepada Radar Karawang.
Bermodalkan cangkul, selembar karung, dan motor ia menyusuri jalanan. Jika ada lubang jalan, ia segera menepikan motornya dan gesit menggali tanah tak jauh di lokasi tersebut untuk kemudian mengarugnya dengan karung yang sudah dia sediakan. Karung demi karung tanah ia jejalkan, ia padatkan dan dirapikan agar rata. Ia sengaja melakukan aksi ini tanpa dibayar sepeserpun agar tidak ada lagi yang celaka. "Mungkin saya orang kecil, dan hanya melakukan hal kecil. Saya hanya berharap hal ini dapat bermanfaat besar khususnya bagi pengguna jalan," tuturnya.
Untuk melepaskan lelah, kadang ia hanya berharap dari uang recehan yang ia kumpulkan dari pemberian sukarela pengguna jalan. Pria ini berharap memasuki bulan puasa, tak ada lagi jalan rusak agar ia tak perlu lagi menambal sulam jalanan. "Dengn kondisi puasa, tidak sedikit yang masih bisa fokus secara optimal menjalankan aktivitasnya. Apalagi sebagai pengguna jalan, saya cuma khawatir saja," tandasnya. (cr3)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template