Ngaji dan Terus Ngaji - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ngaji dan Terus Ngaji

Ngaji dan Terus Ngaji

Written By Mang Raka on Rabu, 08 Juni 2016 | 12.00.00

- Aktivitas Santri Ponpes Al Hasan di Bulan Ramadan

KARAWANG, RAKA – Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk beramal dan mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Karena di bulan ini, pintu rahmat dibuka selebar-lebarnya. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hasan Nahdlatul Ulama (NU) Cikampek.
Aktivitas santri pesantren yang berada di Desa Dawuan Barat, Kecamatan Cikampek ini cukup padat dan selalu diisi dengan pengajian, baik mengaji kitab kuning maupun Al Quran. Para santri mengikuti setiap jadwal pengajian yang telah ditentukan. Di tengah teriknya cuaca dan dalam keadaan perut lapar, para santri tetap semangat mengikuti setiap pelajaran yang disampaikan oleh guru di dalam masjid dan mencatatnya dalam buku.
Ibnu, salah satu santri Al Hasan, mengaku tidak ada kegiatan lain yang digelutinya selain mengaji dan membaca ayat suci Al Quran. Sebab, bagi dia, datangnya bulan yang penuh berkah ini, segala perilaku dan perbuatan yang baik bisa mendapatkan pahala yang lebih besar dibanding pada bulan-bulan lainnya. Itulah kata dia, istimewanya bulan Ramadan. Maka tak heran jika hanya ada kegiatan mengaji yang kerap terjadi di pondok pesantren yang telah dihuninya selama 3 tahun itu. “Kalau bulan puasa justru kita sering banget meluangkan waktu dengan belajar mengaji dan membaca Al Quran di masjid,” katanya.
Hal serupa juga disampaikan Nazla, salah satu satriwati yang tengah berjalan menuju pengajian ini, mengaku bahwa selain Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah telah libur tetapi itu tidak membuatnya untuk berhenti belajar. Menurut perempuan yang memiliki wajah manis ini justru banyak kegiatan yang bisa dimanfaatkan dengan baik di bulan suci. “Mau mengaji, pagi siang sore malam semua diisi dengan pengajian di masjid,” ucapnya.
Sementara salah satu dewan guru Ponpes Al Hasan Aan Mursalin menyampikan, bahwa  dari santriwan santriwati yang ada di pondok tersebut merupakan beberapa siswa dari sekolah yang ada di pesantren. Maka bukan hanya kegiatan di pesatren saja yang mereka lakukan, melainkan banyak kegiatan sekolah yang telah digelutinya. “Mumpung kegiatan sekolah lagi libur aja, kalau hari biasanya pagi sampai siang mereka sekolah, kalau lagi libur ya kegiatannya hanya di pondok saja mengaji, untuk keseluruhan ada sekitar 90 santri tidak lebih dari 100 lah,” ungkapnya.(yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template