Nelayan Pasirputih Dapat Bantuan 18 Lampu PJU - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Nelayan Pasirputih Dapat Bantuan 18 Lampu PJU

Nelayan Pasirputih Dapat Bantuan 18 Lampu PJU

Written By Mang Raka on Sabtu, 11 Juni 2016 | 12.00.00

CILAMAYA KULON, RAKA- Aktivitas Nelayan Pasirputih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon bakal ditemani oleh terangnya lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). Sebab, tak perlu menunggu bantuan turun, PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) memberikan bantuan 18 unit PJU melalui Kelompok Kerja  Masyarakat Pesisir (KKPMP) Pasirputih.
Bendahara KKPMP Pasirputih Sahari mengatakan atas dasar kebutuhan nelayan yang selama ini mengeluh maraknya pencurian peralatan kapal seperti solar dan alat lainnya di malam hari, pihaknya mengajukan peningkatan sarana penerangan muara Sungai Pasirputih. Agar keamanan nelayan ketika bongkar muat perahu yang masuk dan keluar di malam hari menjadi terjamin. Meskipun ajuan KKPMP setiap pesisir berbeda, namun penyesuaian kebutuhan masyarakat di Pasirputih kebetulan adalah penerangan. Maka PHE ONWJ merespon melalui Coorporate Social Responsibility (CSR) dengan menyalurkan 18 titik penerangan di sepanjang jalur sungai Pasirputih dan jarak sekitar 35 meter. "Mengajukan ke pemerintah sih sudah, namun tak kunjung direspon, tapi melalui KKPMP ini alhamdulillah direalisasikan PHE ONWJ," tambah dia.
Selama ini diakui Sahari, PHE ONWJ aktif bekerja memenuhi kebutuhan nelayan pesisir. Dirinya hanya berharap, kepedulian terhadap masyarakat pesisir bukan saja datang dari perusahaan BUMN, tetapi juga pemerintah. Meski demikian, dalam realisasi penerangan ini, ajuannya diakui Sahari ada keterlibatan Dinas Perikanan dan Kelautan untuk merekomendasikan ajuan ke PHE ONWJ. "Semoga saja ada perhatian khusus dari pemerintah untuk menjawab setiap kebutuhan nelayan, seperti apa yang dilakukan PHE selama ini," ungkapnya.
Ketua Kelompok Pengawas Masyarakat Pesisir (Pokmaswas) Mina Jaladri Pasirputih, Suhaeri mengapresiasi bantuan penerangan yang dikomandoi KKPMP pada PHE ONWJ. Dirinya mengakui, nelayan-nelayan yang bersandar di muara dan Sungai Pasirputih ini rawan aksi pencurian di malam hari. Sebab di dalam perahu tersebut, nelayan menyimpan banyak solar, jaring hingga perbekalan yang tidak murah. Aksi itu, kemungkinan tejadi lantaran sepanjang sungai dan jalanan gelap gulita serta memudahkan aksi pencurian.
Dengan adanya bantuan, diharapkan bisa mengurangi aksi kriminal. "Memang penerangan ini yang dibutuhkan, karena ratusan perahu keamanannya tidak terjamin saat bersandar di malam hari, maka dengan bantuan ini setidaknya bisa mengurangi aksi pencurian," tambah dia. (rud)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. kapan sungai pasir putih di perlebar jay awal agar banjir di tetangga tidak berlebihan

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template