Muara di Karawang Cepat Dangkal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Muara di Karawang Cepat Dangkal

Muara di Karawang Cepat Dangkal

Written By Mang Raka on Kamis, 02 Juni 2016 | 13.00.00

-Nelayan Sulit Sandarkan Kapal

KARAWANG, RAKA - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karawang Hendro Subroto mengakui rencana pengerukan di sejumlah muara di Karawang  tertunda akibat ketiadaan anggaran. Oleh karena itu, pihaknya kini tengah mencari solusi agar rencana itu tetap bisa berjalan.
“Kami masih mencari solusi bagaimana mengatasinya, karena memang kita belum memiliki anggaran untuk pengerukan muara yang menuju ke 11 TPI yang ada di Karawang. Apalagi anggaran untuk pengerukan ini tidak sedikit karena pendangkalan sekarang ini sering terjadi,” kata Hendro Subroto kepada wartawan.
Hendro mengatakan, tipologi muara di wilayah Karawang mengalami pedangkalan bisa setiap 3 bulan dengan ketinggian mencapai 2 meter. Pendangkalan tersebut merupakan fenomena alam yang tidak bisa dipastikan periodenya. "Tidak bisa dikatakan tahunan. Bahkan tiga bulan setelah pengerukan, terkadang muara sudah dangkal kembali. Tapi kalau dikatakan pendapatan nelayan menurun saya rasa belum tepat juga karena mereka sudah terbiasa," tambahnya.
Oleh karenanya, ia menyarankan Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) untuk membuat program rutin. Supaya kedepannya masalah pendangkalan muara ini dapat segera diatasi dengan cepat. "Akan tetapi jika per tiga bulan saya rasa tidak mungkin karena anggaran pengerukan besar," tandasnya.
Disamping itu, pihaknya tengah mewacanakan program jangka panjang, yakni minapolitan. Nantinya dalam satu area TPI ada gudang, dan pasar. Hal ini dimaksudkan agar lebih terintegrasi kegiatan nelayan mulai dari hulu hingga ke hilir.  
Sementara itu Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Acep Jamhuri mengaku siap melakukan pengurukan muara di sekitar TPI. Menurutnya Dinas Bina Marga memang memiliki anggaran untuk melakukan pengerukan sungai dan muara. Hanya saja anggaran tersebut lebih banyak digunakan untuk pengerukan sungai yang melintasi sungai Citarum. ”Coba kami pelajari dulu karena kita belum tahu persis seberapa parah pendangkalan muaranya. Tapi prinsipnya kita siap melakukan itu untuk membantu nelayan,” katanya.
Seperti diketahui nelayan di sepanjang pesisir Karawang sudah menunggu berbulan-bulan agar pemerintah segera melakukan pengerukan agar dapat menjual hasil tangkapannya di tempat pelelangan ikan (TPI).  Sebab, pendangkalan muara ini membuat kapal nelayan tidak bisa bersandar di TPI. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template