Masyarakat Cilamaya Wetan Kembangkan Abon Lele - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Masyarakat Cilamaya Wetan Kembangkan Abon Lele

Masyarakat Cilamaya Wetan Kembangkan Abon Lele

Written By Mang Raka on Jumat, 10 Juni 2016 | 13.30.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Ternak lele dari hasil CSR di Pondok Pesantren Daarul Aitam Desa Tegalsari dilirik oleh Pertamina Gas dengan menggelar pembinaan kelompok usaha rumahan di Desa Cilamaya.
Produksi yang dinamai Abon Lele "Pegas" (Pertamina Gas), itu didorong agar bersertifikat Produk Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) Dinas Kesehatan. Kamis pagi, perusahaan BUMN pengelola gas peraih proper biru dari Kementerian Lingkungan Hidup (LH) itu memberikan penyuluhan keamanan pangan bersama pejabat Dinas Kesehatan.
Ramses J Napitulu , Head of Pertamina Gas Distric Cilamaya mengatakan penyuluhan keamanan pangan ini merupakan pengembangan dari CSR sebelumnya yang sudah berjalan di Pesantren Daarul Aitam Desa Tegalsari, berupa ternak lele.  Pihaknya, terus Ramses memikirkan sisi positif dari program yang akan dilakukan bagi masyarakat sekitar terutama di Cilamaya Wetan. Maka dari itu, ia meminta kerjasama pengembangan kelompok tani "Bahagia" tentang, bagaimana memanfaatkan lele agar bernilai ekonomis tinggi.
Dari dasar itulah, produksi abon lele ini menjadi pilihan. Hanya saja terus Ramses, harus dipaparkan dulu pra sayarat pengolahan industri rumahan ini sesuai dengan standar kesehatan. Agar abon lele yang diproduksi ibu-ibu warga Cilamaya ini tidak mengalami hambatan kedepannya, baik perizinan PIRT, MUI dan lainnya. "Kami kolaborasikan dengan hasil ternak dari pesantren. Diharapkan usaha ini bisa dilebarkan untuk menyukseskan program Kecamatan Cilamaya wetan dan Cilamaya kulon," tambah dia
Sementara itu, Head Of General Service Pertamina Gas Cilamaya Nugraha Junaidi,  berharap program CSR dengan pemberian penyuluhan keamanan pangan dan pembinaan kelompok usaha " Bahagia" Cilamaya ini, bisa mendapat dukungan dari masyarakat dan pemerintah desa.
Melalui produksi dan kerjasama ini, diharapkan bisa menguntungkan dan menyejahterakan masyarakat. "Kita hanya berharap CSR ini mendapat dukungan bisa sukses hasilnya," tambah dia.
Kades Cilamaya Kuswaedi yang hadir dalam kesempatan tersebut mengungkapkan partisipasi Pertamina Gas terhadap desanya melalui kepedulian atas usaha kecil menengah dengan cara pengembangan usaha abon lele ini, membuatnya bangga. Kerjasama ini diharapkan terjalin, karena pundi ekonomi masyarakat Cilamaya tidak terhenti di usaha kelompok kecil menengah saja tapi juga ikut menggarap potensi ekonomi lainnya yang ada di Desa Cilamaya. Sebab pada dasarnya, peluang usaha di Cilamaya sangat banyak. Ia berharap, perusahaan berstandar ISO 14001 yang berlokasi di desanya ini, juga ikut menggarap secara kontinyu. "Terus terang kami bangga, semoga kerjasama ini terus menjawab peluang ekonomi masyarakat kami untuk diberdayakan," tambah Kuswaedi.
Hadir dalam Penyuluhan Keamanan Pangan tersebut Kasie Makanan dan Minuman Dinas Kesahatan Karawang, Mohammad Alwi dan stafnya yang memberikan materi kepada para kelompok usaha ' Bahagia" bersama para Karyawan Pertamina Gas Cilamaya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template