Makanan Kadaluarsa Dikhawatirkan Beredar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Makanan Kadaluarsa Dikhawatirkan Beredar

Makanan Kadaluarsa Dikhawatirkan Beredar

Written By Mang Raka on Sabtu, 11 Juni 2016 | 17.00.00

PANGKALAN, RAKA - Lonjakan harga yang terjadi sejak puasa ini mau tidak mau membuat konsumen dilanda kecemasan. Untuk saat ini saja harga sembako melejit amat tinggi bagaimana nanti mendekati lebaran. Bisa-bisa saking mahalnya harga warga tak mampu mengkonsumsi kebutuhan layak lebaran.

Sejumlah warga Kecamatan Tegalwaru yang ditemui RAKA disejumlah titik perbelanjaan mengatakan itu, kemarin. Mereka berharap pemerintah daerah tidak berdiam diri, melainkan turun ke pasar dan melakukan tindakan antisipatif. Paling tidak supaya harga sembako tidak terus melejit kalaupun tidak mampu menormalkannya seperti harga sebelum naik.
Hal lain yang dikhawatirkan disaat terjadinya lonjakan daya beli masyarakat adalah ulah para pedagang nakal yang sengaja memasarkan produk-produk kadaluarsa. Peluang inipun terbuka lebar, meski untuk wilayah Karawang Selatan ini belum ditemukan adanya barang seperti itu. Makanya diharapkan pemerintah bisa mengantisipasinya dengan menindak dan melakukan operasi pasar yang serius, agar tidak ada celah indikasi kecurangan bagi pedagang yang curang dalam menjual barang-barangnya. "Celah pedagang nakal untuk meraup keuntungan dilakukan dengan segala cara, termasuk menjual barang-barang yang sudah tidak layak konsumsi. Ini yang harus diwaspadai," ucap Iwan (30) warga setempat.
Sementara Munawar (40) pemerhari masalah sosial menambahkan, peredaran produk-produk kadaluarsa memang belum terjadi di Pasar Loji, akan tetapi tindakan pencegahan bisa saja di tangkal jauh-jauh hari agar pemerintah nyaman juga warga pun tidak khawatir. Sementara produk lokal sejauh ini masih di zona aman. Namun yang di khawatirkan justru produk dari luar. "Kebanyakan yang bermasalah adalah makanan dan minuman kemasan dan produk pabrikan yang perlu diawasi. Kalau hasil bumi masih aman," akunya.
Sementara, Kepala Seksi Ekonomi dan pembangunan Kecamatan Tegalwaru, H.Jumria.S.Sos, menyampaikan dirinya sudah membuat jadwal kunjungan terkait operasi pasar yang akan dilakukan nanti. Dan dia juga akan merangkul instansi terkait dalam penindakannya. "Rencana itu sudah kami buat dan kami tidak akan di share disini agar bisa spontan dalam penindakannya nanti. Hanya saja akan kami rangkul juga instansi terkait nanti dalam pelaksanaannya agar bisa memberikan pemahaman terkait barang dagangan kepada pemilik kios dan warung di pasar Loji," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template